HUBUNGAN PEMBERIAN TUGAS DI SEKOLAH TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR SISWA KELAS X-7 DI SMA NEGERI 4 KEDIRI TAHUN AJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

AYU NOVITASARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.01.0048

Abstract

Abstrak AYU NOVITASARI: Hubungan Pemberian Tugas Disekolah Terhadap Kreativitas Belajar Siswa Kelas X-7 di SMA NEGERI 4 KEDIRI Tahun Ajaran 2014/2015. Kata Kunci: Pemberian tugas disekolah, Kreativitas belajar. Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil pengamatan dan pengalaman peneliti yang pernah melaksanakan kegiatan PPL di sekolah tersebut, bahwa banyak siswa yang tidak dapat berkreatif dalam belajarnya, ketika diberikan tugas oleh guru siswa tetap saja tidak dapat berkreatif dalam belajarnya disekolah. Dalam setiap pembelajaran siswa hanya mengacu pada guru pengajar dan juga buku soal siswa yang harus dikerjakan sesuai dengan yang diajarkan oleh guru mata pelajaran tersebut, sehingga siswa tidak dapat mengembangkan kreativitas belajarnya disekolah secara optimal. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana Pemberian Tugas Disekolah Kepada Siswa Kelas X-7 SMA NEGERI 4 KEDIRI Tahun Ajaran 2014/2015 ? (2) Bagaimana Kreativitas Belajar Siswa Kelas X-7 SMA NEGERI 4 KEDIRI Tahun Ajaran 2014/2015 ? (3) Apakah Terdapat Hubungan Antara Pemberian Tugas Disekolah Dengan Kreativitas Belajar Siswa ? Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik penelitian korelasional dan design penelitian adalah pre experimental design dengan jenis pre-test, post-test one group design. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas X-7 SMA NEGERI 4 KEDIRI. Populasi yang dijadikan subyek penelitian berjumlah 26 siswa. Untuk teknik analisa data yang digunakan adalah teknik uji t dan menggunakan bantuan program Ms. Excel 2010. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) pemberian tugas yang diberikan kepada siswa merupakan proses belajar siswa baik berupa kompetensi, ketrampilan dan sikap. Pemberian tugas kepada siswa berupa pemberian soal, proses pembelajaran yang menggunakan buku pelajaran yang dipelajari siswa. (2) kreativitas siswa dalam belajar sebelum diberikan tugas dikategorikan rendah, dan kreativitas belajar siswa setelah diberikan tugas dikategorikan sedang. (3) ada hubungan antara pemberian tugas disekolah terhadap kreativitas belajar siswa kelas X-7 SMA NEGERI 4 KEDIRI Tahun Ajaran 2014/2015. Kesimpulan tersebut implikasinya adalah terdapat hubungan antara pemberian tugas disekolah terhadap kreativitas belajar siswa, dikarenakan kreativitas belajar siswa meningkat. Maka dalam hal ini adanya pembelajaran dari guru pembimbing yang mengontrol tugas-tugas siswa selama belajar disekolah. Berdasarkan penelitian ini adanya saran (1) bagi guru kelas sebaiknya menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa. (2) bagi guru BK sebaiknya lebih bisa menjalin keakraban dengan siswa. (3) bagi siswa sebaiknya mampu mengekspresikan dirinya dengan lebih berani dan ikut berpartisipasi dalam kegiatan pembelajaran. (4) selanjutnya dapat mengadakan penelitian kembali dan dapat menumbuhkan ide kreatif dan inovatif.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2015-12-04

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI