HUBUNGAN KONSEP DIRI DENGAN PERILAKU MENYIMPANG PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMKN 1 BAGOR TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

AVIN KUSUMANING DEWI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.01.0046

Abstract

ABSTRAK Avin Kusumaning Dewi : Hubungan Konsep Diri Dengan Perilaku Menyimpang Peserta Didik Kelas XI SMKN 1 Bagor Tahun Pelajaran 2014/2015, Skripsi, Bimbingan Dan Konseling, Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusantara PGRI Kederi, 2015. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan peneliti. Berdasarkan hasil interview peneliti dengan koordinator BK di SMKN 1 Bagor, ditemukan banyak pelanggaran yang di lakukan oleh siswa seperti kasus kehadiran absensi, terlambat datang ke sekolah, sepatu tidak berwarna hitam, berkata tidak sopan, dan waktu diajar siswa bermain HP tidak memperhatikan guru yang sedang memberikan pelajaran. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah konsep diri kelas XI SMKN 1 Bagor? (2) Bagaimanakah perilaku menyimpang peserta didik kelas XI SMKN 1 Bagor? (3) Adakah hubungan konsep diri dengan perilaku menyimpang peserta didik kelas XI SMKN 1 Bagor?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode pengumpulan data berupa angket. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMKN 1 Bagor Kabupaten Nganjuk tahun pelajaran 2014 / 2015 sejumlah 235 siswa dan sampel yang diambil sejumlah 58 siswa yaitu 25% dari populasi yang ada. Pengambilan sampel ini dengan cara Random Sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah Tehnik Korelasi Product Moment Pearson. Hasil analisis data perhitungan dengan rumus product moment di peroleh nilai hasil r hitung sebesar 0,812, sedangkan nilai r tabel = 0,220 (pada taraf signifikansi ?= 5%) dan r tabel = 0,286 (pada taraf signifikansi ? =1%) sehingga dari hasil analisis diperoleh hasil nilai r hitung (0,812) > r tabel (0,286) dengan ? = 1%) > r tabel (0,220 dengan ? =5 %). Karena r hitung > r tabel, 0,812 > 0,286 maka dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara konsep diri dengan perilaku menyimpang pada siswa kelas XI SMKN 1 Bagor Tahun Pelajaran 2014 / 2015. Berdasarkan hasil penelitian, dapat dijadikan sebagai informasi atau bahan masukan bagi guru Bimbingan dan Konseling di SMKN 1 Bagor Nganjuk Tahun Pelajaran 2014/2015, sehingga dapat mendorong siswa untuk meningkatkan konsep dirinya dan menurunkan perilaku menyimpangnya melalui layanan informasi secara klasikal maupun individual kepada siswa. Kata, Perilaku kunci: Konsep Diri Menyimpang.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2015-12-27

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI