KEEFEKTIFAN KONSELING KELOMPOK CBT UNTUK MENINGKATKAN KEMANTAPAN PEMILIHAN KARIR PESERTA DIDIK KELAS XI UPTD SMA NEGERI 1 TANJUNGANOM
Author (Penulis)
ARUMAWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.01.0042
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti bahwa masih banyak peserta didik yang masih kebinggungan dan kurang mantap dalam pemilihan karir. Akibatnya pada peserta didik merasa kesulitan dalam memutuskan karir. Hal tersebut dapat mempengaruhi masa depan peserta didik setelah lulus dari sekolah, akan ke arah mana mereka nantinya.
Pertanyaan Penelitian adalah (1) Bagaimana penerapan teknik konseling kelompok CBT untuk meningkatkan kemantapan pemilihan karir peserta? (2) Apakah teknik konseling kelompok CBT efektif untuk meningkatkan kemantapan pemilihan karir peserta didik ?
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian Eksperimen kualitatif dengan Single Subyek Desain (SSD) dengan subyek penelitian 3 peserta didik kelas XI . Penelitian dilaksanakan dalam tiga tahap selama tiga belas hari, dengan menggunakan instrument pedoman observasi, wawancara dan dokumentasi.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah penerapan konseling kelompok CBT efektif untuk meningkatkan kemantapan pemilihan karir pesera didik kelas XI di UPTD SMAN 1 Tanjunganom.
Berdasarkan simpulan hasil penelitian direkomendasikan pada guru Bimbingan dan Konseling untuk menggunakan konseling kelompok CBT dalam menangani masalah peserta didik terutama masalah kemantapan pemilihan karir. Karena dalam penelitian ini dapat membuktikan keefektifan konseling kelompok CBT untuk meningkatkan kemantapan pemilihan karir peserta didik.