KEEFEKTIFAN LAYANAN BIMBINGAN SOSIAL UNTUK MENGATASI KESULITAN DALAM PENYESUAIAN DIRI SISWA KELAS X SMK PGRI 3 KEDIRI TAHUN 2015
Author (Penulis)
ARI SRI WULANDARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.01.0040
Abstract
ABSTRAK
ARI SRI WULANDARI, NPM : 11.1.01.01.0040, Skripsi, Keefektifan layanan bimbingan sosial untuk mengatasi kesulitan dalam penyesuaian diri siswa kelas X di SMK PGRI 3 Kediri, Skripsi Bimbingan dan Konseling, FKIP UNP Kediri, 2015
Kata kunci : Bimbingan Sosial, Kesulitan dalam penyesuaian diri
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti bahwa masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam penyesuaian diri. Akibatnya pada siswa yang mempunyai kesulitan dalam menyesuaikan diri akan mempengaruhi dalam kemampuan penyesuaian diri di lingkungan sekolah, Hal tersebut nampak dari kesulitan penyesuaian diri yang tinggi, sehingga dalam kemampuan menyesuaikan diri di lingkungan sekolah rendah.
Permasalahan penelitian ini adalah “ Apakah penerapan Layanan Bimbingan Sosial efektif untuk menurunkan kesulitan dalam penyesuaian diri siswa ? “
Penelitian ini menggunakaan pendekatan kualitatif ekpserimen dengan menggunakan Single Subyek Desain (SSD) dengan tiga subyek penelitian terhadap siswa kelas X SMK PGRI 3 Kediri. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua tahapan yaitu pada waktu fase Baseline (A) sebanyak 3 sesi dan fase intervensi (B) sebanyak 3 sesi, untuk mengumpulkan data di gunakan metode Wawancara dan instrument observasi.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah layanan bimbingan sosial efektif untuk mengatasi kesulitan dalam penyesuaian diri siswa.
Berdasarkan hasil simpulan dari penelitian ini, direkomendasikan : bertujuan untuk guru Bimbingan dan Konseling mengetahui bahwa layanan bimbingan sosial dapat mengatasi permasalahan siswa dalam kesulitan penyesuaian diri.