EFEKTIVITAS PEMBERIAN GAME SOCIAL UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL DALAM HUBUNGAN TEMAN SEBAYA KELAS X SMA NEGERI 1 TANJUNGANOM NGANJUK TAHUN AJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

ANERIKA NOVEMBRIANINIS
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.01.0034

Abstract

ABSTRAK Anerika Novembrianinis: Efektivitas Pemberian Game Sosial Untuk Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Dalam Hubungan Teman Sebaya Kelas XI SMA Negeri 1 Tanjunganom Nganjuk Tahun Ajaran 2014/2015Skripsi, BK, FKIP UNP Kediri, 2015. Kata Kunci : Game Sosisl, Kemampuan komunikasi Interpersonal. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kepedulian sekolah terhadap kemampuan komunikasi interpersonal peserta didik. Hal tersebut terlihat dari perilaku peserta didik yang pasif di dalam kelas ketika diberikan waktu diskusi dan menjawab soal secara lisan, tidak mau bersikap terbuka ketika melakukan komunikasi dan tidak mau menerima kritik dan saran dari orang lain. Pertanyaan penelitian ini adalah (1) bagaimanakah penerapan game sosial untuk meningkatkan komunikasi interpersonal dalam hubungan teman sebaya? (2).apakah game sosial efektif untuk meningkatkan komunikasi interpersonal dalam hubungan teman sebaya? Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian Eksperimen kualitatif dengan menggunakan desain SSD (Single Subject Design). Subyek pada penelitian ini sebanyak 2 peserta didik, yang semuanya kelas XI. Penelitian ini dilaksanakan dalam 9 kali pertemuan 3 pertemuan untuk fase baseline (A1), 3 pertemuan untuk fase intervensi (B) dan 3 hari untuk fase baseline (A2). Pada pertemuan di fase intervensi peserta didik diajak untuk bermain game sosial “Kata Berantai, Percayalah Padaku, Sambung cerita, Terjerat Tali. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah Game Sosial efektif untuk meningkatkan komunikasi interpersonal dalam hubungan teman sebaya. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: (1) untuk lebih mengoptimalkan kemampuan komunikasi interpersonal peserta didik, konselor atau guru BK dapat menggunakan game sosial untuk meningkatkan komunikasi interpersonal peserta didik. (2) bagi peneliti lanjut disarankan agar dapat mengusahakan untuk mengkaji masalah ini dengan jangkauan yang lebih luas terutama yang belum terungkap pada penelitian ini.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2015-12-30

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI