PENGARUH PEMBERIAN KONSELING KELOMPOK TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 KADEMANGAN TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

ANANG SETIAWAN
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.01.0031

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil pengamatan dan olah data yang dilakukan oleh peneliti, bahwa kemampuan komunikasi interpersonal siswa masih tergolong rendah. Keberhasilan pemberian konseling kelompok diharapkan dapat mencapai target, yaitu mengenai perubahan kemampuan komunikasi interpersonal siswa. Pemasalahan pada penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan konseling kelompok di SMK Negeri 1 Kademangan tahun pelajaran 2014/2015? (2) Bagaiaman kemampuan komunikasi interpersonal siswa kelas X SMK Negeri 1 Kademangan tahun pelajaran 2014/2015? (3) Bagaimana pengaruh pemberian konseling kelompok terhadap kemampuan komunikasi interpersonal siswa kelas X SMK Negeri 1 Kademangan tahun pelajaran 2014/2015?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subyek peneltian siswa kelas X SMK Negeri 1 Kademangan.Penelitian dilakukan dalam waktu kurang lebih satu bulan, dengan menggunakan instrumen berupa angket (kursioner) yang diberikan kepada siswa mengenai komunikasi interpersonal siswa, serta melakukan pengamatan di lingkungan sekolah yang digunakan tempat penelitian. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah berdasarkan rumusan masalah dan hasil dari pengujian hipotesis yang telah dianalisis tersebut dapat disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh pemberian konseling kelompok terhadap kemampuan komunikasi interpersonal siswa kelas X SMKN 1 Kademangan tahun ajaran 2014/2015. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan apabila konseling kelompok dilakukan secara tepat dan bertahap maka hal tersebut akan memberikan pengaruh yang baik terhadap kemampuan komunikasi interpersonal siswa di suatu sekolah. Sehingga diharapkan pemberian konseling kelompok yang diberikan demi keberhasilan dalam meningkatkan komunikasi interpersonal tersebut harus sangat maksimal dan terstrukutur.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2015-12-05

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI