PENGARUH KINERJA GURU BK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI SMK TI PELITA NUSANTARA KEDIRI TAHUN AJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

ANA PRASETIA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.01.0029

Abstract

ABSTRAK ANA PRASETIA: Pengaruh Kinerja Guru BK Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XI SMK TI Pelita Nusantara Kediri Tahun Ajaran 2014/2015, Skripsi, Pendidikan Bimbingan dan Konseling, FKIP UNP Kediri, 2014. Kinerja guru BK atau konselor merupakan salah satu hal penentu keberhasilan dalam memberikan layanan kepada konseli atau peserta didik. Mengingat pentingnya layanan bimbingan dan konseling di sekolah maka seorang konselor seharusnya tidak terpaku pada cara lama yaitu menangani masalah-masalah yang berkaitan dengan pelanggaran disiplin sekolah saja. Tetapi lebih dari itu seorang konselor dituntut dapat menggali potensi-potensi yang dimiliki oleh peserta didik di sekolah serta yang lebih penting lagi adalah upaya pencegahan terjadinya masalah sedapat mungkin dilaksanakan secara dini di sekolah. Motivasi merupakan proses gerakan, termasuk situasi mendorong, dorongan yang timbul dalam diri individu, tingkah laku yang ditimbulkannya, dan tujuan akhir dari gerakan atau perbuatan. Mempertahankan dan menjaga motivasi tetap stabil dalam diri individu bukanlah hal yang mudah. Banyak hal yang mempengaruhi motivasi sehingga menjadi tinggi atau rendah. Dan berdasarkan hasil penelitian dari beberapa tokoh belakangan ini terdapat indikasi baru bahwa salah kecerdasan emosi mempunyai peranan sangat penting dalam pembentukan motivasi diri. Dari kenyataan tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa guru BK diharapkan mampu membantu siswa menumbuhkan motivasi belajarnya melalui program-program yang telah dibuat oleh guru BK itu sendiri. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Tempat penelitian yang digunakan adalah SMK TI Pelita Nusantara Kediri Tahun Ajaran 2014/2015, sedangkan subyek penelitian adalah kinerja guru BK dan motivasi belajar siswa. Obyek penelitiannya adalah siswa kelas XI SMK TI Pelita Nusantara Kediri Tahun Ajaran 2014/2015. Instrumen yang digunakan adalah angket. Sedangkan teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis korelasional dengan menggunakan bantuan SPSS for windows versi 16.0. Berdasarkan hasil uji analisis menggunakan bantuan SPSS for windows versi 16.0. Dengan demikian dapat diketahui ada pengaruh kinerja guru BK dengan motivasi belajar siswa kelas SMK TI Pelita Nusantara Kediri tahun Ajaran 2014/2015. Berdasarkan tabel tersebut dapat diketahui pula bahwa nilai koefisien korelasi / r adalah 0,497 Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kinerja guru BK dengan motivasi belajar siswa kelas XI SMK TI Pelita Kediri Ajaran 2014/2015. Kata kunci: Kinerja guru BK, Motivasi belajar siswa

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2015-12-30

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI