HUBUNGAN KEPERCAYAAN DIRI DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP PGRI 1 KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

PEBRIAN TRI LENGGONO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.01.0028

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa banyaknya peserta didik menghadapi persoalan dengan mata pelajaran disebabkan ada beberapa pelajaran yang menuntut waktu dan pikiran yang banyak. Sebagian mata pelajaran yang dianggap menimbulkan masalah ialah ilmu pasti dan pengetahuan alam, pelajaran kimia, dianggap momok karena banyak istilah (terminologi) yang harus dihafal dan banyak rumus yang harus dikuasai. Karena hal ini dipicu dari kurangnya kemandirian peserta didik dalam mempelajari suatu materi pelajaran, dan jika ada tugas dari mata pelajaran yang menjadi momok bagi individu maka tidak akan memiliki rasa percaya diri dari hasil tugas yang dikerjakannya, kebiasaan belajar yang kurang baik yaitu tidak tahan lama, dan baru belajar setelah menjelang ujian. Individu seperti ini akan lebih menggantungkan diri dari jawaban temannya yang dirasa bisa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif, penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat korelasional. populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa-siswi kelas VIII SMP PGRI 1 Kediri yang berjumlah 130 anak dari kelas VIII A sampai kelas VIII C.Dan untuk kelas VIII A peneliti menjadikan sebagai uji validitas instrumen penelitian. Cara pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh atau sensus. Sehingga jumlah sampel tersebut menjadi 86 siswa kelas VIII B dan kelas VIII C. Dalam penelitian ini, akan digunakan dua buah angket penelitian, yaitu angket percaya diri dan kemandirian belajar. Hasil perhitungan skala percaya diri setelah dilakukan uji coba jumlah aitem yang valid adalah 24 aitem dari 26 aitem semula, dengan koefisien validitas minimal 0,300. Dan skala kemandirian belajar setelah dilakukan uji coba jumlah aitem yang valid adalah 20 aitem dari 25 aitem semula, dengan koefisien validitas minimal 0,300. Hasil utama penelitian ini memperlihatkan bahwa ada hubungan positif antara kedua variabel, yaitu dengan nilai r hitung > r tabel (0,343 > 0,213), maka Ho ditolak. Hasil penelitian tersebut sesuai dengan hipotesis yang diajukan yaitu terdapat hubungan antara percaya diri dengan kemandirian belajar pada peserta didik kelas VIII SMP PGRI 1 Kota Kediri tahun pelajaran 2014/2015. Hal ini berarti bahwa semakin tinggi tingkat percaya diri maka akan semakin tinggi pula kemandirian belajar peserta didik dan sebaliknya.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-02

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI