HUBUNGAN ANTARA SELF EFFICACY DENGAN MOTIVASI BERPRESTASI SISWA KELAS VIII SMO PGRI 1 KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Author (Penulis)
EMILIA SUCININGTYAS
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.01.0026
Abstract
HUBUNGAN ANTARA SELF EFFICACY DENGAN MOTIVASI BERPRESTASI SISWA KELAS VIII SMP PGRI 1 KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2015/2016
EMILIA SUCININGTYAS
11.1.01.01.0026
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan-Bimbingan Dan Konseling
emiliasuciningtyas@gmail.com
Dr.Hj. Sri Panca Setyawati, M.Pd dan Dr. Atrup, M.Pd, MM
UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI
ABSTRAK
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa seseorang dengan self efficacy rendah menganggap dirinya pada dasarnya tidak mampu mengerjakan segala sesuatu yang ada disekitarnya. Dalam situasi yang sulit,orang dengan self efficacy yang rendah cenderung mudah menyerah.
Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana tingkat self efficacy pada siswa kelas VIII SMP PGRI 1 KEDIRI 2015? (2) Bagaimana motivasi berprestasi siswa kelas VIII SMP PGRI 1 KEDIRI 2015? (3) Apakah ada hubungan antara self efficacy dengan motivasi berprestasi siswa kelas VIII SMP PGRI 1 KEDIRI?.
Pendekatan penelitian yang penulis gunakan adalah pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa angket. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP PGRI 1 KEDIRI 2015. Sampel yang dijadikan subyek penelitian berjumlah 40 siswa yang d ambil dari kelas VIIIA. Untuk teknik analisa data menggunakan rumus product mement dengan program Ms. Excel dan manual.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) self efficacy siswa termasuk dalam tingkat katagori tinggi, (2) motivasi berprestasi siswa termasuk dalam katagori sedang, (3) ada korelasi antara self efficacy siswa dengan motivasi berprestasi siswa.
Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: (1) seorang konselor hendaknya memberikan motivasi kepada siswa agar perkembangan self efficacy mengalami peningkatan sehingga siswa mempunyai keinginan dan berusaha untuk meraih prestasi, (2) orangtua diharapkan memberikan motivasi dan perhatian serta kepercayaan kepada anaknya agar yakin bisa mencapai sukses dalam meraih prestasi.