PENGARUH KONTROL DIRI TERHADAP PERILAKU BULLYING PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 1 LENGKONG KECAMATAN LENGKONG KABUPATEN NGANJUK TAHUN AJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

ALFIANI NURSYAM GUMILANG SHOFAATUN ISNA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.01.0022

Abstract

ABSTRAK Alfiani Nursyam Gumilang Shofaatun Isna, Pengaruh Kontrol Diri Terhadap Perilaku Bullying Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Lengkong Kecamatan Lengkong Kabupaten Nganjuk, Skripsi, BK, FKIP, UNP Kediri, 2015. Kata kunci: kontrol diri, perilaku bullying. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa perilaku bullying masih terjadi di lingkungan sekolah. Akibatnya lingkungan sekolah yang diharapkan menjadi tempat belajar yang nyaman bagi peserta didik, justru membuat peserta didik merasa cemas dan merasa tidak aman berada di lingkungan sekolah. Hal tersebut tersebut nampak dari berbagai kasus mengenai sikap korban bully setelah mendapat perlakuan yang tidak menyenangkan tersebut. Korban bully dapat mengalami depresi tahap ringan, malas berada di sekolah karena merasa takut, tidak nyaman, tidak dihargai, konsep diri positif semakin berkurang, dan prestasi belajar cenderung menurun. Permasalah penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah kontrol diri peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Lengkong Kecamatan Lengkong Kabupaten Nganjuk Tahun Ajaran 2014/2015? (2) Bagaimanakah perilaku bullying peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Lengkong Kecamatan Lengkong Kabupaten Nganjuk Tahun Ajaran 2014/2015? (3) Adakah pengaruh kontrol diri terhadap perilaku bullying peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Lengkong Kecamatan Lengkong Kabupaten Nganjuk?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan survei sampel, teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sample. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini berbentuk kuesioner langsung tertutup dengan skala likert. Metode analisis data yang digunakan adalah spearman’s rank correlation dengan bantuan program SPSS versi 16.0. Simpulan dari penelitian ini adalah (1) Kontrol diri peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Lengkong Tahun Ajaran 2014/2015 tergolong tinggi, hal tersebut dapat dilihat pada tabel kategori, dimana diketahui pada interval keempat skor 87-104 dengan prosentase 38,5% dan frekuensi berjumlah 10 peserta didik. (2) Perilaku bullying peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Lengkong Tahun Ajaran 2014/2015 tergolong rendah, hal tersebut dapat dilihat pada tabel kategori, dimana diketahui pada interval pertama skor 99-170 dengan prosentase 46,2% dan dan frekuensi berjumlah 12 peserta didik. (3) Ada pengaruh kontrol diri terhadap perilaku bullying peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Lengkong Tahun Ajaran 2014/2015. Peneliti menyarankan pemberian layanan BK di sekolah terutama pada bidang bimbingan pribadi lebih bersifat preventif pada permasalahan peserta didik dan kontinu, khususnya pada materi layanan yang diberikan agar semakin meminimalisir terjadinya perilaku bullying di sekolah. Sedangkan untuk peneliti lain disarankan agar dapat mengembangkan ilmu mengenai kontrol diri, yang dapat berkaitan dengan berbagai macam perilaku lainnya.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-05

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI