HUBUNGAN ANTARA KEPERCAYAAN DIRI DENGAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 8 KEDIRI KOTA KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

ALFIANA MEGA TRIPRASTYANINGRUM
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.01.0021

Abstract

Abstrak Alfiana mega triprastyaningrum: hubungan antara kepercayaan diri dengan kreativitas belajar siswa kelas VIII Di SMP Negeri 8 Kediri Skripsi, BK, FKIP UNP Kediri, 2015. Kata kunci: kepercayaan diri, kreativitas belajar siswa Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengamatan peneliti, bahwa rasa kepercayaan diri dalam siswa dalam mempengaruhi kreativitas yang ada didalam anak. Apabila anak tidak memiliki rasa percaya diri anak tersebut tidak dapat mengembangkanb akatnya. Permasalahan peneliti ini adalah (1) Bagaimana rasa kepercayaan diri siswa di SMP Negeri 8 Kediri TahunPelajaran 2014/2015? (2) Bagaimana kreativitas siswa di SMP Negeri 8 Kediri Tahun Pelajaran 2014/2015? (3) Apakah ada hubungan antara kepercayaan diri dengan kreativitas siswa di SMP Negeri 8 Kediri Tahun Pelajaran 2014/2015? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan pengambilan sampel dilakukan dengan Simple Random Sampling. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini berbentuk angket tertutup yang analisis datanya dilakukan dengan teknik Korelasi Product Moment yang dibantudengansoftware SPSS versi20.00 Kesimpulan dalam hasil penelitian ini adalah (1) Tingkat kepercayaandiri siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Kediri tahun pelajaran 2014/2015 tergolong baik, hal ini dilihat dari tabel kriteria, dimana diketahui bahwa pada interval ketiga skor antara 140-156dengan frekuensi 39siswa atau 50,6% %. (2) kreativitasbelajar siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Kediritahun pelajaran 2014/2015 tergolong baik, hal ini dilihat dari tabel kriteria, dimana diketahui bahwa pada interval ketiga skor antara 109-118dengan frekuensi 26siswa atau 33,7% %. (3) Ada hubungan antara percaya diri dengan komunikasi interpersonal siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Kediri tahun pelajaran 2014/2015. Hal ini berarti semakin baik percaya diri siswa maka semakin baik juga kreativitassiswa dan sebaliknya. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: (1) Konselor hendaknya memberi dorongan supaya siswa memiliki kepercayaan diri yang tinggi sehingga siswa dapat meningkatkan kreativitasnya dan bakat dengan baik. (2) Guru hendaknya memberikan kepada siswa untuk tampil dan mengerjakan tugas di depan kelas untuk meningkatkan kepercayaan diri agar dapat mengembangkan kreativitas siswa juga meningkat. (3) Siswa hendaknya mampu menggali kreativitasnya agar dapat dikembangkan dengan baik.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2015-12-09

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI