HUBUNGAN KEMATANGAN EMOSI TERHADAP RASA PERCAYA DIRI PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 8 KEDIRI TAHUN PEAJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

ALFA VEBERINA DIAN CITRA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.01.0018

Abstract

ABSTRAK Alfa Veberina Dian Citra:Hubungan Kematangan Emosi Terhadap Rasa Percaya Diri Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 8 Kediri Tahun 2014/2015, Skripsi, Bimbingan dan Konseling, FKIP UNP Kediri, 2015. Kata kunci: Kematangan Emosi dan Rasa Percaya Diri Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kematangan emosi terhadap rasa percaya diri peserta didik kelas VII di SMP Negeri 8 Kediri tahun pelajaran 2014/2015. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII di SMP Negeri 8 Kediri tahun pelajaran 2014/2015. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalahangket tertutup. Angket tesebut terdiri atas angket kematangan emosi dan angket rasa percaya diri. Teknik analisis data menggunakan teknik korelasi dari Product Moment dan bantuan komputasi program statistik SPSS 20.0 for Windows. Hasil kategorisasi menunjukkan dari 102 responden terdapat 78,43% memiliki tingkat kematangan emosi pada kategori tinggi. Sedangkan untuk hasil kategorisasi rasa percaya diri dari 102 responden terdapat 77,45% memiliki tingkat rasa percaya diri pada kategori tinggi.Dari hasil uji normalitas nilai Sig pada variabel kematangan emosi (0,223) > ? (5%), dan nilai Sig pada variabel rasa percaya diri (0.457) >? (5%). Sehingga distribusi dinyatakan normal. Pada hasil analisis terlihat nilai Sig (0,000) < ?, maka Ho ditolak. Jadi hubungan kedua variabel tersebut signifikan. Hasil koefisien korelasi tersebut dibandingkan dengan taraf signifikansi 5% yaitu 0,195. Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa harga korelasi tersebut signifikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara variabel kematangan emosi terhadap rasa percaya diri peserta didik kelas VII SMP Negeri 8 Kediri tahun pelajaran 2014/2015. Berdasarkan hasil tersebut peserta didik diharapkan mampu untuk mengontrol dan meningkatkan kematangan emosi yang dimiliki sehingga kepercayaan dirinya juga akan meningkat. Mengingat bahwa kepercayaan diri penting untuk mengoptimalkan bakat yang dimiliki.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2015-12-31

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI