HUBUNGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL TERHADAP PENYESUAIAN DIRI PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 6 KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

AHMAD MUSTAIN
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.01.0014

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa masih banyak siswa sekolah menengah atas yang masih belum bisa menyesuaikan diri, baik dengan teman-teman maupun gurunya. Sehingga siswa sulit untuk mengungkapkan pendapat danpermasalahan yang dialaminya. Akibatnya akan menghambat perkembangan mental dan belajar siswa. Oleh karena itu dibutuhkan kemampuan dan ketrampilan komunikasi interpersonal yang baik. Dalam Penelitian ini menggunakan pendekatan kunatitatif dengan subyek penelitian siswa kelas XI SMA Negeri 6 kediri. Data penelitian ini dikumpulkan dengan metode kuesioner. Metode analisis data terdiri dari analisis deskripsi data, uji prasyarat analisisdan uji hipotesis. Deskripsi data digunakan untuk menggambarkan data pada masing-masing variable. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan melakukan uji prasyarat yang meliputi uji normalitas, uji linieritas dan keberartian arah regresi.Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis korelasi product moment. Hasil penelitian menggambarkan bahwa: (1) Gambaran komunikasi interpersonal siswa kelas XI sekolah menengah atas termasuk kategori sedang, (2) Gambaran umum penyesuian diri siswa kelas XI SMA Negeri 6 kediri termasuk kedalam kategori sedang, (3) komunikasi interpersonal dengan penyesuaian diri siswa memiliki derajat hubungan yang sangat kuat. Koefisien korelasi tersebut bernilai positif, artinya komunikasi interpersonal memiliki pengaruh yang signifikan terhadap penyesuaian diri siswa. Rekomendasi penelitian sebagai berikut: (1) bagi guru pembimbing, guru BK diharapkan memberikan layanan bimbingan yang bersifat pengembangan kepada siswa kelas XI SMA Negeri 6 kediri, dengan tujuan agar siswa mampu memelihara dan mengembangkan komunikasi interpersonal yang telah dimiliki agar siswa dapat menyesuaiakan diri dengan baik di sekolah. (2) bagi peneliti selanjutnya dapat melihat variabel penyesuaian diri yang dikaitkan dengan konsep diri, kepercayaan diri, atau pun variabel lainnya.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-01-29

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI