EFEKTIVITAS PENGGUNAAN PERMAINAN KARTU TAROT DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGUNGKAPKAN MASALAH SISWA INTROVERT KELAS XI IPA 4 SMA NEGERI 7 KEDIRI


Author (Penulis)

AGUNG DWI MULYONO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.01.0008

Abstract

ABSTRAK Agung Dwi Mulyono: Efektivitas penggunaan permainan kartu tarot dalam meningkatkan kemampuan mengungkapkan masalah siswa Introvert Kelas XI IPA 4 SMA Negeri 7 Kediri, Skripsi, BK, FKIP UN PGRI Kediri, 2016 Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya minat siswa berkepribadian introvert untuk melakukan konseling individu dan berperan serta aktif dalam proses konseling walaupun sebenarnya siswa tersebut memiliki banyak hal yang ingin diungkapkan. Namun hal ini sering menjadi kesulitan oleh guru BK karena merasa pernyataan siswa sudah dianggap menunjukkan bahwa kondisi siswa baik-baik saja. Pertanyaan utama penelitian ini adalah bagaimana efektivitas penggunan permainan kartu tarot untuk meningkatkan kemampuan mengungkapkan masalah siswa intovert? Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif eksperimen dengan menggunakan desain SSD (Single Subject Design) dengan desain A-B. Subyek pada penelitian ini sebanyak 2 siswa yakni PC dan MR, yang semuanya kelas XI IPA 4 dengan jenis pengukuran frekuensi dan target behavior adalah mengungkapkan fakta dan masalah. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 5 kali pertemuan untuk masing-masing siswa. Pada setiap pertemuan, dilakukan wawancara intensif tentang kondisi pribadi, sosial, belajar dan karir siswa. Pada tahap intervensi, wawancara dilakukan dengan bantuan permainan kartu tarot. Hasil dari penelitian ini, PC memiliki skor 42, 43 pada tahap baseline dan 53, 51, 56 pada tahap intervensi dengan persentase overlap 0%. Sedangkan MR memiliki skor 43, 41 pada tahap baseline dan 48, 50, 50 pada tahap intervensi dengan persentase overlap 0%. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah permainan kartu tarot efektif untuk meningkatkan kemampuan mengungkapkan masalahi siswa berkepribadian Introvert. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: (1) Permainan kartu tarot bisa dijadikan salah satu alternatif metode untuk melakukan konseling individual. (2) Permainan kartu tarot bisa digunakan tidak hanya untuk siswa berkepribadian introvert saja, namun juga bisa dilakukan pada siswa pada umumnya. Kata Kunci : Kartu tarot, Kepribadian Introvert, Kemampuan mengungkapkan masalah

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-22

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI