HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DENGAN PERCAYA DIRI PESERTA DIDIK KELAS X MIPA UPTD SMA NEGERI 1 PARE KABUPATEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Author (Penulis)
ACHMAT MASKUROCHMAN
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.01.0003
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dari ketertarikan penulis tentang tingkat percaya diri yang ada
di kelas X. Dari pengalaman pengamatan peneliti, kelas X adalah masa dimana membentuk konsep
diri. Percaya diri seseorang salah satunya dipengaruhi oleh konsep diri. Konsep diri yang baik akan
berdampak pada tingkat percaya dirinya
Permasalahan penelitian adalah (1) bagaimanakah konsep diri dan percaya diri peserta didik
kelas X ? (2) apakah konsep diri dengan percaya diri peserta didik kelas X memiliki hubungan yang
erat ?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah
seluruh peserta didik kelas X MIPA UPTD SMA Negeri 1 Pare Kabupaten Kediri yang berjumlah 158
peserta didik. Peneliti mengambil sampel sebesar 20% dari jumlah populasi dan didapat 32 peserta
didik dengan menggunakan teknik claster random sampling, yaitu pengambilan secara acak.
Instrumen dalam penelitian ini adalah angket. Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini
menggunakan korelasi product moment pearson dengan bantuan SPSS 16.0 for windows
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah ada hubungan yang positif antara konsep diri dengan
percaya diri peserta didik. Hal tersebut dapat dilihat dari perhitungan korelasi product moment bahwa r
hitung adalah 0,976 pada taraf signifikansi (0,05) besar r tabel adalah 0,349. Maka r hitung > r tabel sehingga
dapat disimpulkan adanya hubungan yang signifikan.
Berdasarkan simpulan hasil penelitian, direkomendasikan: (1) bagi pelaksana institusi
pendidikan dalam membangun konsep diri yang positif dapat dilakukan dengan cara meningkatkan
percaya diri peserta didik. (2) bagi peserta didik hendaknya dapat memilih pergaulan.