Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dengan Penyesuaian Diri Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Pace Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2014/2015


Author (Penulis)

AAN DIAN MASRULIN
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.01.0001

Abstract

AAN DIAN MASRULIN: Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dengan Penyesuaian Diri Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Pace Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2014/2015, Skripsi, Pendidikan Bimbingan dan Konseling, FKIP UNP Kediri, 2015. Kata kunci: Kecerdasan emosional, Penyesuaian diri Kecerdasan emosional adalah jenis kecerdasan yang fokusnya memahami, mengenali, merasakan, mengelola dan memimpin perasaan sendiri dan orang lain serta mengaplikasikan dalam kehidupan pribadi dan sosial. Sedangkan penyesuaian diri adalah suatu usaha yang dilakukan oleh individu untuk mempertemukan tuntutan diri sendiri dengan lingkungan, baik secara aktif maupun pasif yang melibatkan respon mental dan tingkah laku, sehingga tercapai hubungan yang harmonis antara diri dengan lingkungannya. Banyak peserta didik yang tidak memiliki penyesuaian diri yang baik. Dalam masa ini tidak sedikit remaja yang mengalami kegoncangan yang menyebabkan munculnya emosional yang belum stabil. Berbagai pikiran, perasaan, dan tindakan remaja berubah- rubah antara kesombongan dan kerendahan hati, niat yang baik dan godaan, kebahagiaan dan kesedihan. Berdasarkan hal tersebut remaja menjadi bingung untuk memutuskan setiap tindakan yang akan diambilnya. Hal ini disebabkan oleh adanya faktor eksternal dari luar diri remaja yaitu remaja harus siap dan mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan di samping faktor internal yang terjadi pada remaja yaitu perubahan biologis, kognitif, dan sosio-emosional. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Tempat penelitian yang digunakan adalah SMP Negeri 1 Pace Nganjuk Tahun Pelajaran 2014/2015, sedangkan subyek penelitian adalah kecerdasan emosional dan penyesuaian diri. Obyek penelitiannya adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pace Nganjuk Tahun Pelajaran 2014/2015. Instrumen yang digunakan adalah angket. Sedangkan teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis korelasional dengan menggunakan bantuan SPSS for windows versi 16.0. Berdasarkan hasil uji analisis menggunakan bantuan SPSS for windows versi 16.0. Dengan demikian dapat diketahui ada hubungan kecerdasan emosional dengan penyesuaian diri siswa kelas VII SMP Negeri I Pace tahun Pelajaran 2014/2015. Berdasarkan tabel tersebut dapat diketahui pula bahwa nilai koefisien korelasi / r adalah 0,547. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara kecerdasan emosional dengan penyesuaian diri siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pace Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2014/2015.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2015-11-26

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI