ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA DAN FASILITAS TERHADAP KEPUASAN PASIEN (STUDI KASUS RUMAH SAKIT KUSTA KEDIRI)


Author (Penulis)

YUNI KARTIKA SARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

10.1.02.02.0274

Abstract

ABSTRAK Yuni Kartika Sari:Analisis Pengaruh KualitasPelayanan, Harga dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pasien (Studi Kasus Rumah Sakit Kusta Kediri), Skripsi, Manajemen, FE UNP Kediri, 2014 Kata kunci : Kualitas Pelayanan, harga, fasilitas dan kepuasan pasien Di Indonesia, dunia kesehatan mengalami perkembangan yang sangat signifikan dan memiliki prospek yang cukup bagus,sehingga kondisi seperti ini membuat persaingan menjadi semakin kompetitif. Setiap perusahaan yang bergerak dalam industri jasa kesehatan harus mampu menggunakan berbagai cara agar dapat meningkatkan kepuasan pasiennya. Banyak cara yang dilakukan perusahaan untuk memberikan rasa puas kepada pasien dengan meningkatkan beberapa aspek baik kualitas pelayanan, harga serta fasilitas agar kenyamanan dan kepuasan pasien terjaga. Aspek kualitas pelayanan, harga dan fasilitas perlu diberi perhatian lebih. Dalam konteks persaingan yang semakin ketat ini kualitas pelayanan, harga dan fasilitasmerupakan tiga faktor dari berbagai faktor yang perlu diperhatikan agar puas puas dandapat merekomendasikan pasien lain untuk berobat di Rumah sakit Kusta kediri. Atas dasar hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh KualitasPelayanan, Harga dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pasien (Studi Kasus Rumah Sakit Kusta Kediri)baik secara parsial maupun simultan. Variabel penelitian yang digunakan adalah (1) pelayanan, (2) harga , (3) fasilitas dan (4) kepuasan pelanggan,. Metode pengambilan sampel yang dilakukan dalam penelitian ini adalah menggunakanPurposive sampling. Populasi dalam penelitian adalah semua pasien Rumah Sakit Kusta Kediri.Sedangkan sampel dalam penelitian adalah30responden. Kemudian dilakukan analisis terhadap data yang diperoleh dengan menggunakan analisis data secara kualitatif dan kuantitatif. Analisis kualitatif merupakan interpretasi dari data-data yang diperoleh dalam penelitian serta hasil pengolahan data yang sudah dilakukan dengan memberikan keterangan dan penjelasan.Analisis kuantitatif, menggunakan analisis linear berganda. Hasil analisis data menyimpulkan bahwa kualitas pelayanansecara parsial berpengaruh terhadapkepuasan pasien, harga secara parsial berpengaruh terhadapkepuasan pasien, fasilitas secara parsial berpengaruh terhadapkepuasan pasien dan kualitas pelayanan, harga dan fasilitas secara simultan berpengaruh terhadapkepuasan pasien. Sedangkan dari peneliti menyarankan bagi pihak manajemen Rumah Sakit Kusta Kediri untuk meningkatkan kualtias pelayanannya, memperhatikan keterjangkauan harga rawat pasien dan melengkapi fasilitas medis rumah sakit.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-04-10

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI