ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA DAN MOTIVASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI APOTEK MITRO RAHARDJO


Author (Penulis)

SUNDARI SUKOCO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

10.1.02.02.0260

Abstract

ABSTRAK Sundari Sukoco. 2014. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Motivasi terhadap Keputusan Pembelian di Apotek Mitro Rahardjo Kediri. Skripsi Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Nusantara PGRI Kediri. Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Harga, Motivasi, Keputusan Pembelian Dengan semakin meningkatnya tuntutan masyarakat akan mutu pelayanan, maka fungsi pelayanan kesehatan termasuk pelayanan di Apotek secara bertahap perlu ditingkatkan agar menjadi lebih efektif dan efisien serta memberi kepuasan terhadap konsume/pelanggan. Tujuan penelitian ini untuk menganalisa pengaruh masing-masing variabel yaitu kualitas pelayanan, harga dan motivasi terhadap keputusan pembelian. Dalam penelitian ini data diperoleh dari penyebaran angket (kuisioner) dengan menggunakan metode purposive sampling untuk mengetahui tanggapan responden. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen/pelanggan Apotek Mitro Rahardjo dengan jumlah sampel yang digunakan adalah sebanyak 100 orang. Kemudian dilakukan analisis terhadap data-data yang diperoleh berupa analisis kuantitatif . Analisis kuantitatif meliputi uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, uji hipotesis t dan uji F serta analisis koefisien determinasi (R2). Teknik analisis data yang digunakan analisis regresi linier berganda yang berfungsi untuk membuktikan hipotesis penelitian. Hasil analisis mendapatkan bahwa ketiga variabel indipendent tersebut memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Pengujian hipotesis menggunakan uji t menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan, harga dan motivasi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian. Kemudian melalui uji F dapat diketahui bahwa variabel kualitas pelayanan, harga dan motivasi secara bersama-sama memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian. Koefisien determinasi menunjukkan besarnya pengaruh kualitas pelayanan, harga dan motivasi dengan keputusan pembelian. Nilai R square sebesar 0,864 menunjukkan besarnya pengaruh ketiga variabel independent tersebut sebesar 86,4%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak digunakan dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil analisa dari penelitian ini, kualitas pelayanan di Apotek Mitro Rahardjo perlu ditingkatkan, seperti memberikan perhatian kepada konsumen/pelanggan disaat melakukan konseling dan bersikap ramah kepada konsumen/pelanggan pada saat memberikan informasi tentang pelayanan kesehatan.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2015-11-21

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI