ANALISIS PENGARUH KEPERCAYAAN, PERSEPSI KUALITAS, DAN PERSEPSI RESIKO TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PAKAIAN SECARA ONLINE PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI


Author (Penulis)

maria wulansari
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

10.1.02.02.0254

Abstract

Perkembangan teknologi yang semakin maju membuat internet menjadi salah satu media yang tidak hanya untuk berkomunikasi, tapi juga media untuk berbelanja. Semakin meningkat penggunaan internetmembuat para pelaku bisnis berusaha untuk memajukan bisnis yang dijalankan dengan memperluas jaringan bisnis melalui internet sebagai salah satu media untuk menawarkan produk atau sering kita dengar jual beli online. Perguruan Tinggi sebagai suatu lembaga pendidikan telah menyediakan peluang yang besar bagi para pelaku bisnis untuk mengembangkan bisnisnya tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kepercayaan, persepsi kualitas, dan persepsi resiko dalam hubungannya dengan keputusan pembelian pakaian secara online pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Nusantara PGRI Kediri. Penelitian ini dilakukan dengan metode survei, data diperoleh dengan penyebaran kuesioner kepada 50 responden. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa FE UNP Kediri yaitu sebanyak 2426 mahasiswa. Sampel yang diambil ditetapkan sejumlah 50 mahasiswa. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive randomsample yaitu teknik penentuan sampel yang didasarkan atas tujuan tertentu. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif,uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, dan uji hipotesis dengan menggunakan bantuan SPSS For Windows versi 19.0. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa : 1) Kepercayaan berpengaruh terhadap keputusan pembelian mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas PGRI Kediri. 2) Persepsi kualitas berpengaruh terhadap keputusan pembelian mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Nusantara PGRI Kediri. 3) Persepsi resiko berpengaruh terhadap keputusan pembelian mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Nusantara PGRI Kediri. 4) Kepercayaan, persepsi kualitas, dan persepsi resiko berpengaruh terhadap keputusan pembelian mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Nusantara PGRI Kediri. Berdasarkan simpulan hasil penelitian, dapat direkomendasikan: (1) Kepercayaan, persepsi kualitas, dan persepsi resiko dapat mempengaruhi keputusan pembelian, sehingga mampu menciptakan kepuasan konsumen. (2) Perlu meningkatkan kualitasnya, sehingga dapat mempengaruhi keputusan pembelian.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-05-13

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI