ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA SWALAYAN SURYA KWADUNGAN KEDIRI


Author (Penulis)

kadek mega sari
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

10.1.02.02.0251

Abstract

Kemajuan di bidang ekonomi pada saat ini berkembang dengan pesat, banyak perusahaan dagang di bidang perdagangan eceran yang berbentuk toko, minimarket, departemen store (toserba), pasar swalayan (swalayan) dan lain-lain. Hal ini menimbulkan persaingan antar perusahaan tersebut. Untuk memenangkan persaingan perusahaan harus dapat menentukan strategi pemasaran yang tepat, supaya dapat bertahan dan memenangkan persaingan. Untuk dapat bertahan, berkembang dan mendapatkan laba semaksimal mungkin, perusahaan harus mampu mengetahui apa yang dibutuhkan atau yang diharapkan konsumennya, karena banyak faktor yang mempengaruhi kepuasan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan dan harga dalam hubungannya dengan kepuasan konsumen pada Swalayan Surya Kwadungan Kediri. Penelitian ini dilakukan dengan metode survei, data diperoleh dengan penyebaran kuesioner kepada 50 responden. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Swalayan Surya Kwadungan Kediri. Sampel yang diambil ditetapkan sejumlah 50 konsumen. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah accidental sampling yaitu teknik pengambilan sampel berdasarkan kebetulan, siapa saja yang pernah melakukan pembelian di Swalayan Surya Kwadungan Kediri. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, dan uji hipotesis dengan menggunakan bantuan SPSS For Windows versi 19.0. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa : 1) Kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen Swalayan Surya Kwadungan Kediri. 2) Harga berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen Swalayan Surya Kwadungan Kediri. 3) Kualitas pelayanan dan harga berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen Swalayan Surya Kwadungan Kediri. Implikasi secara teoritis, kualitas pelayanan memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen dan mendukung peneliti terdahulu oleh Wibowo (2013) dan harga memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen dan mendukung penelitian terdahulu oleh Ardana (2010), saran bagi peneliti berikutnya disarankan menambah beberapa variabel independen lain seperti, promosi, lokasi dan kualitas produk.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-05-07

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI