PENGARUH HARGA, DESAIN PRODUK, DAN KESADARAN MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (STUDI PADA DEALER ARIES PUTRA GADING PRAMBON NGANJUK TAHUN 2014)


Author (Penulis)

TRI SUGENG WAHYU WIDODO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

10.1.02.02.0215

Abstract

ABSTRAK TRI SUGENG WAHYU WIDODO, NPM: 10.1.02.02.0215. PENGARUH HARGA, DESAIN PRODUK, DAN KESADARAN MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (STUDI PADA DEALER ARIES PUTRA GADING PRAMBON NGANJUK TAHUN 2014). Kata kunci: Keputusan Pembelian, Harga, Desain Produk, dan Kesadaran Merek Persaingan bisnis transportasi khususnya sepeda motor mengalami kemajuan yang sangat pesat. Saat ini banyak sekali dealer yang menjual sepeda motor tidak terkecuali dealer Aries Putra Motor Gading. Jika tidak ingin kalah maka dealer harus memiliki strategi yang bagus. Banyak faktor yang harus diperhatikan oleh dealer jika ingin tetap dipilih konsumen, diantaranya adalah faktor harga, desain produk, dan kesadaran merek . Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Untuk mengetahui apakah faktor harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. (2) Untuk mengetahui apakah faktor desain produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. (3) Untuk mengetahui apakah faktor kesadaran merek berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. (4) Untuk mengetahui apakah faktor harga, desain produk, dan kesadaran merek secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini menggunakan penelitian survei, yaitu penelitian yang mengambil sampel dari satu populasi dan menggunakan kuesioner sebagai alat pengambilan data yang pokok. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen dari dealer Aries Putra Motor Gading. Adapun sampel terpilih sebanyak 100 orang. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan menyebarkan kuesioner. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa harga, desain produk, dan kesadaran merek beperngaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Hal ini ditunjukkan oleh nilai uji F sebesar 49,257 yang jauh lebih besar dari nilai F hitung. Ini berarti ada pengaruh yang signifikan secara serempak antara harga, desain produk, dan kesadaran merek terhadap keputusan pembelian. Saran yang diberikan peneliti adalah Faktor harga, desain produk, dan kesadaran merek terbukti berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian di Delaer Aries Putra Motor Gading, maka kepada Delaer Aries Putra Motor Gading harus bisa mempertahankan hal tersebut bahkan kalau bisa ditingkatkan lagi menjadi lebih baik dari sebelumnya. Berdasarkan hasil penelitian masih ada pengaruh dari variabel di luar variabel yang ada dalam penelitian ini yakni sebesar 39,4 %. Hal ini dapat menjadi bahan untuk melakukan penelitian lanjutan dalam waktu yang akan datang dengan memasukkan variabel diluar variabel yang sudah ada dalam penelitian ini.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2015-11-05

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI