ANALISIS PENGARUH MERK, HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN NOTEBOOK PADA MAHASISWA PROGAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA UNP KEDIRI


Author (Penulis)

SLAMET PUJI TRI RAHARJO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

10.1.02.02.0208

Abstract

ABSTRAK Slamet Puji Tri Raharjo, Npm: 10.1.02.02.0208, Analisis Pengaruh Merk, Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Notebook Pada Mahasiswa Progam Studi Teknik Informatika UNP Kediri, Skripsi, Manajemen, FE UNP Kediri, 2015. Kata kunci: Merk, Harga, kualitas produk dan keputusan pembelian Meningkatnya penjualan notebook saat ini dikarenakan, pertama, kalangan profesional dan pebisnis kini semakin dinamis sehingga membutuhkan piranti elektronik yang mendukung mobilitas tersebut. Kedua, dari sisi gaya hidup dan citra, notebook telah menjadi pilihan untuk menunjang gaya hidup seseorang dan dapat meningkatkan prestise pemiliknya. Karena itu pula, notebook kini menjawab kebutuhan konsumennya dengan tampil lebih tipis, ringan, canggih, stylish dan mahal pula tentunya. Faktor lain yang tak kalah berpengaruh adalah harga notebook yang terus menurun sejak tiga tahun lalu. Harga jual yang cenderung turun ini membuat penetrasi notebook semakin meluas Penelitian ini menggunakan penelitian angket, yaitu penelitian yang mengambil sampel dari satu populasi dan menggunakan kuesioner sebagai alat pengambilan data yang pokok. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner terhadap 133 Mahasiswa Progam Studi Teknik Informatika UNP Kediri dengan menggunakan metode teknik random sampling. Kemudian dilakukan analisis terhadap data yang diperoleh dengan menggunakan analisis data secara kuantitatif. Analisis kuantitatif meliputi uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, analisis koefisien determinasi, serta pengujian hipotesis melalui uji F dan uji t. Aplikasi yang digunakan untuk membantu pengujian dilakukan perangkat lunak SPSS (Statitical Program For Social Science) versi.19.0 Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan berdasarkan hasil uji F, (secara simultan) merek (X1), harga (X2) dan kualitas produk (X3) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian(Y). Berdasarkan hasil uji t menunjukkan bahwa secara parsial variabel Merk (X1), Harga (X2), dan Kualitas Produk (X3) berpengaruh signifikan terhadap Keputusan pembelian Notebook(Y)

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-20

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI