ANALISIS PENGARUH ATRIBUT PRODUK, KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN TELKOMSEL SIMPATI KEDIRI
Author (Penulis)
SANDRO PUSPO LUXYTO
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
10.1.02.02.0196
Abstract
ABSTRAK
SANDRO PUSPO LUXYTO, NPM: 10.1.02.02.0196, ANALISIS PENGARUH ATRIBUT PRODUK, KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN TELKOMSEL SIMPATI KEDIRI, PROGRAM STUDI MANAJEMEN, FAKULTAS EKONOMI, UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI, 2015.
Kata kunci: Atribut Produk, Kualitas Pelayanan, Harga dan Minat Beli
Industri telekomunikasi di Indonesia mengalami perkembangan yang sangat pesat. Indonesia menjadi salah satu pasar terbesar dalam industri seluler di dunia. Bahkan, negara kita masuk dalam 6 besar daftar negara dengan jumlah pelanggan seluler terbanyak. Persaingan operator telekomunikasi seluler di Indonesia semakin ketat, masing-masing operator seluler cukup gencar berpromosi mengenai keunggulan produknya. Penelitian mencoba mengetahui faktor-faktor yang kemungkinan besar mempengaruhi konsumen melakukan minat beli terhadap kartu Simpati. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh Atribut Produk (X1), Kualitas Pelayanan (X2), dan Harga (X3) terhadap Minat Beli (Y).
Penelitian ini menggunakan penelitian survey, yaitu penelitian yang mengambil sampel dari satu populasi dan menggunakan kuesioner sebagai alat pengambilan data yang pokok. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner terhadap 100 konsumen kartu Simpati di wilayah Kediri dengan menggunakan metode tehnik random sampling. Kemudian dilakukan analisis terhadap data yang diperoleh dengan menggunakan analisis data secara kuantitatif. Analisis kuantitatif meliputi uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, analisis koefisien determinasi, serta pengujian hipotesis melalui uji F dan uji t. Aplikasi yang digunakan untuk membantu pengujian dilakukan perangkat lunak SPSS (Statitical Program For Social Science) versi.19.
Kesimpulan penelitian ini adalah (1) Atribut produk berpengaruh secara signifikan terhadap minat beli konsumen Telkomsel Simpati Kediri. (2) Kualitas pelayanan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap minat beli konsumen Telkomsel Simpati Kediri. (3) Harga mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap minat beli konsumen Telkomsel Simpati Kediri. (4) Atribut produk, kualitas pelayanan dan harga secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap minat beli konsumen Telkomsel Simpati Kediri.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan berdasarkan hasil uji F, ketiga variabel bebas dalam penelitian ini berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Beli pelanggan Telkomsel Simpati. Berdasarkan hasil uji t menunjukkan bahwa secara parsial variabel Atribut Produk (X1), Kualitas Pelayanan (X2), dan Harga (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Beli konsumen Telkomsel Simpati.