PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, PROMOSI, DAN LAYANAN PURNA JUAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR HONDA ARIES MOTOR KEDIRI 2015


Author (Penulis)

ROHMAN JAYADI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

10.1.02.02.0194

Abstract

ABSTRAK ROHMAN JAYADI, NPM: 10.1.02.02.0194, PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, PROMOSI, DAN LAYANAN PURNA JUAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR DI DEALER HONDA ARIES MOTOR KEDIRI TAHUN 2015, PROGAM STUDI MANAJEMEN, FAKULTAS EKONOMI, UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI, 2015. Kata kunci: Kualitas produk, harga, promosi, layanan purna jual dan keputusan pembelian. Pangsa pasar sepeda motor Honda di Indonesia mengalami penurunan. Bahkan posisi teratas dalam hal penjualan motor telah selama bertahun-tahun yang diselenggarakan oleh Honda baru-baru ini tergeser oleh Yamaha. Salah satu penyebab yang mempengaruhi penurunan pangsa pasar sepeda motor Honda adalah penurunan minat beli konsumen yang menjadi pelanggan sepeda motor Honda untuk melakukan pembelian lagi. Selain itu, konsumen sepeda motor baru juga kurang tertarik untuk membeli sepeda motor Honda. Hal ini dapat dipengaruhi oleh faktor-faktor yang promosi kurang efektif, harga lebih mahal dari harga yang ditawarkan oleh kompetitorlain, produk-produk berkualitas masih banyak kekurangan dan juga layanan purna jual yang gagal untuk memberikan kepuasan kepada pelanggan merupakan faktor penting yang harus diperhatikan oleh produsen Honda. Penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda dengan SPSS. Untukmendapatkan estimasi yang baik dan interpretasi penelitian ini, sampel yang ditentukan oleh 95 responden yang melakukan service di dealer Honda Aries motorKediri . Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan disporprotoinate stratified random sampling. Hasil penelitian membuktikan bahwa ketiga variabel independen adalah kualitas produk, harga, dan layanan purna jual memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap variabel dependen adalah keputusan pembelian sepeda motor Honda. Sementara satu variabel independen adalah promosi tidak memiliki efek yang signifikan untuk responden dalam menentukan keputusan untuk membeli sepeda motor Honda. Hasil tes regresi linear berganda menunjukkan bahwa semua variabel independen (kualitas produk, harga, promosi, dan layanan purna jual) berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Itu pengaruh positif terbesar terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda di dealer Honda Aries Kediri adalah pada variabel layanan purna jual dengan koefisien 0,447, diikuti oleh tingkat variabel harga dengan koefisien 0,389,kemudian variabel promosi dengan koefisien0,287, sedangkan variabel kualitas produkyang paling berpengaruh rendah dengan koefisien dari 0,182.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-16

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 01 No. 01 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI