ANALISIS PENGARUH STRATEGI PEMASARAN DAN PELAYANAN JASA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI RSUD KERTOSONO TAHUN 2014


Author (Penulis)

Riyan Darmawan
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

10.1.02.02.0193

Abstract

ABSTRAK RIYAN DARMAWAN M. Analisis Pengaruh Strategi Pemasaran dan Pelayanan Jasa Terhadap Kepuasan Konsumen di RSUD Kertosono Tahun 2014. Skripsi, Manajemen, Fakultas Ekonomi UNP Kediri, 2015. Kata kunci: Strategi Pemasaran dan Pelayanan Jasa Kepuasan konsumen hanya akan terbentuk apabila konsumen merasa puas atas pelayanan yang mereka terima. strategi pemasaran sebagai alat fundamental yang direncanakan untuk mencapai tujuan perusahaan dengan mengembangkan keunggulan bersaing yang berkesinambungan melalui pasar yang dimasuki dan program pemasaran yang digunakan untuk melayani pasar sasaran tersebut. kualitas pelayanan/jasa adalah tingkat keunggulan yang diharapkan dan pengendalian atas tingkat keunggulan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh secara parsial maupun secara simultan antara strategi pemasaran, pelayanan jasa, terhadap kepuasan konsumen pada RSUD Kertosono. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda, uji t dan uji F. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 95 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara signifikan berpengaruh signifikan antara strategi pemasaran, pelayanan jasa terhadap kepuasan konsumen pada RSUD Kertosono, didasarkan perolehan nilai koefisien determinasi (adjusted R2) yang diperoleh sebesar 333. Hal ini berarti 33,3% dapat dijelaskan oleh variabel strategi pemasaran dan pelayanan jasa sedangkan sisanya yaitu 66,7% kepuasan konsumen dipengaruhi oleh variabel-variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Hasil pengujian secara parsial menunjukkan bahwa strategi pemasaran, pelayanan jasa berpengaruh terhadap kepuasan konsumen pada RSUD Kertosono. Variabel yang paling berpengaruh pada kepuasan konsumen adalah pelayanan jasa dengan nilai koefisiensi sebesar 0,255. Berdasarkan hasil kesimpulan penelitian ini, diharapkan dapat dijadikan masukan kepada pihak manajemen RSUD Kertosono untuk dapat meningkatkan strategi yang tepat serta pelayanan jasa yang baik kepada konsumen. Sehingga para konsumen dapat terpenuhi kebutuhannya ketika datang berobat di RSUD Kertosono dan merasa puas dengan pelayanan yang diberikan.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-05-27

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI