ANALISIS PENGARUH STRATEGI PEMASARAN DAN PELAYANAN JASA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI RSUD KERTOSONO TAHUN 2014
Author (Penulis)
Riyan Darmawan
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
10.1.02.02.0193
Abstract
ABSTRAK
RIYAN DARMAWAN M. Analisis Pengaruh Strategi Pemasaran dan Pelayanan
Jasa Terhadap Kepuasan Konsumen di RSUD Kertosono Tahun 2014. Skripsi,
Manajemen, Fakultas Ekonomi UNP Kediri, 2015.
Kata kunci: Strategi Pemasaran dan Pelayanan Jasa
Kepuasan konsumen hanya akan terbentuk apabila konsumen merasa puas
atas pelayanan yang mereka terima. strategi pemasaran sebagai alat fundamental
yang direncanakan untuk mencapai tujuan perusahaan dengan mengembangkan
keunggulan bersaing yang berkesinambungan melalui pasar yang dimasuki dan
program pemasaran yang digunakan untuk melayani pasar sasaran tersebut.
kualitas pelayanan/jasa adalah tingkat keunggulan yang diharapkan dan
pengendalian atas tingkat keunggulan tersebut.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh secara parsial
maupun secara simultan antara strategi pemasaran, pelayanan jasa, terhadap
kepuasan konsumen pada RSUD Kertosono. Penelitian ini menggunakan analisis
regresi linier berganda, uji t dan uji F. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 95
responden.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara signifikan berpengaruh
signifikan antara strategi pemasaran, pelayanan jasa terhadap kepuasan konsumen
pada RSUD Kertosono, didasarkan perolehan nilai koefisien determinasi
(adjusted R2) yang diperoleh sebesar 333. Hal ini berarti 33,3% dapat dijelaskan
oleh variabel strategi pemasaran dan pelayanan jasa sedangkan sisanya yaitu
66,7% kepuasan konsumen dipengaruhi oleh variabel-variabel lainnya yang tidak
diteliti dalam penelitian ini. Hasil pengujian secara parsial menunjukkan bahwa
strategi pemasaran, pelayanan jasa berpengaruh terhadap kepuasan konsumen
pada RSUD Kertosono. Variabel yang paling berpengaruh pada kepuasan
konsumen adalah pelayanan jasa dengan nilai koefisiensi sebesar 0,255.
Berdasarkan hasil kesimpulan penelitian ini, diharapkan dapat dijadikan
masukan kepada pihak manajemen RSUD Kertosono untuk dapat meningkatkan
strategi yang tepat serta pelayanan jasa yang baik kepada konsumen. Sehingga
para konsumen dapat terpenuhi kebutuhannya ketika datang berobat di RSUD
Kertosono dan merasa puas dengan pelayanan yang diberikan.