PENGARUH PELAYANAN, LOKASI USAHA DAN HARGA TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA REJEKI MUDA TOSERBA GRINGGING KEDIRI
Author (Penulis)
RIKA NIRMALASARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
10.1.02.02.0188
Abstract
ABSTRAK
Rika Nirmalasari. 2015. Pengaruh Pelayanan, Lokasi Usaha, dan Harga terhadap Minat Beli Konsumen pada Rejeki Muda Toserba Gringging Kediri.
Kata Kunci: Pelayanan, Lokasi Usaha, Harga, dan Minat Beli
Dunia bisnis yang tumbuh dengan pesat menjadi motivator bagi para pelaku usaha agar dapat memenangkan persaingan dan mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan. Perusahaan dinyatakan memenangkan persaingan apabila pelayanan, lokasi usaha, dan harganya dapat menarik minat beli konsumennya sehingga dapat mempertahankan loyalitas pelanggan.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pelayanan, lokasi usaha, dan harga terhadap minat beli konsumen pada Rejeki Muda Toserba Gringging Kediri. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen Rejeki Muda Toserba Gringging Kediri. Sampel yang diambil ditetapkan sejumlah 50 mahasiswa. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah accidental sampling yaitu teknik penentuan sampel yang didasarkan atas kebetulan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Teknik analisis data menggunakan uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, dan uji hipotesis dengan menggunakan bantuan SPSS For Windows versi 19.0.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa : 1) pelayanan berpengaruh terhadap minat beli konsumen pada Rejeki Muda Toserba Gringging Kediri. 2) Lokasi usaha berpengaruh terhadap minat beli konsumen pada Rejeki Muda Toserba Gringging Kediri. 3) Harga berpengaruh terhadap minat beli konsumen pada Rejeki Muda Toserba Gringging Kediri. 4) Pelayanan, lokasi usaha dan harga berpengaruh terhadap minat beli konsumen pada Rejeki Muda Toserba Gringging Kediri.