ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN DALAM KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK HERBAL DI PT CITRA NUSA INSAN CERMELANG KEDIRI


Author (Penulis)

Niken Larasati
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

10.1.02.02.0163

Abstract

ABSTRAK Niken Larasati, Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Dalam Keputusan Pembelian Produk Herbal di PT Citra Nusa Insan Cermelang Kediri, Skripsi, Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi UNP Kediri, 2014. Kata kunci: faktor sosial, faktor personal, faktor psikologi, faktor kebudayaan, keputusan pembelian. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan peneliti, pentingnya memahami keputusan pembelian untuk mendapatkan atau memilih produk herbal. Perilaku konsumen dalam keputusan pembelian produk dipengaruhi oleh faktor sosial, faktor personal, faktor psikologi, dan faktor kebudayaan. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana pengaruh faktor sosial terhadap keputusan pembelian produk herbal di PT Citra Nusa Insan Cermelang? (2) Bagaimana pengaruh faktor personal terhadap keputusan pembelian produk herbal di PT Citra Nusa Insan Cermelang? (3) Bagaimana pengaruh faktor psikologi terhadap keputusan pembelian produk herbal di PT Citra Nusa Insan Cermelang? (4) Bagaimana pengaruh faktor kebudayaan terhadap keputusan pembelian produk herbal di PT Citra Nusa Insan Cermelang? (5) Bagaimana pengaruh faktor sosial, faktor personal, faktor psikologi, dan faktor kebudayaan secara simultan terhadap keputusan pembelian produk herbal di PT Citra Nusa Insan Cermelang? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan uji validitas dan reabilitas, Analisis Regresi Berganda, Uji F (Uji Serempak), Uji t (Uji Parsial), dan R-Square. Penelitian ini dilaksanakan di lingkungan PT Citra Nusa Insan Cermelang dengan mengambil 40 orang sebagai responden. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah faktor sosial (X1), faktor personal (X2), faktor psikologi (X3), dan faktor kebudayaan (X4) secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk herbal dengan variabel personal yang paling dominan mempengaruhi. Keeratan hubungan tersebut ditunjukkan oleh korelasi yang tinggi sedangkan besarnya kontribusi yang diberikan, ditunjukkan oleh nilai koefisien determinasi Adjust R-Square = 0,808 menunjukkan besarnya pengaruh faktor sosial, faktor personal, faktor psikologi dan faktor kebudayaan terhadap keputusan pembelian adalah sebesar 80,8%. Berarti masih ada pengaruh variabel lain sebesar 19,2% yang mempengaruhi keputusan pembelian akan tetapi tidak diteliti dalam penelitian ini. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini adalah dari besarnya nilai koefisien determinasi yang diberikan oleh perilaku konsumen terhadap keputusan pembelian menunjukkan bahwa diperlukan adanya penelitian lanjutan bagi peneliti lain unruk meneliti variabel lain yang belum dimasukkan dalam penelitian ini.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-03-01

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI