ANALISIS PENGARUH KUALITAS PRODUK, KUALITAS LAYANAN DAN PRESEPSI HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN (Studi kasus pada Waroeng SS (Special Sambal) cabang Kota Kediri)


Author (Penulis)

TIKA AYU WIDYANA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

10.1.02.02.0115

Abstract

ABSTRAK IKA AYU WIDYANA, NPM: 10.1.02.02.0115, ANALISIS PENGARUH KUALITAS PRODUK, KUALITAS LAYANAN DAN PRESEPSI HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN (STUDI KASUS PADA WAROENG SS(SPECIAL SAMBAL) CABANG KOTA KEDIRI), PROGAM STUDI MANAJEMEN, FAKULTAS EKONOMI, UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI, 2014. Kata kunci: Kualitas Produk, Kualitas Layanan, Presepsi Harga, dan Kepuasan Pelanggan. Persaingan di dunia bisnis kuliner sekarang sudah semakin ketat. Hal ini juga dirasakan oleh pelaku bisnis kuliner seperti Waroeng SS. Banyak usaha-usaha sejenis yang bermunculan dengan ciri khas masing-masing. Agar pelanggan merasa puas dan tidak berpindah ke tempat lain, maka perusahaan harus mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggannya. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Pengaruh variabel x secara parsial terhadap kepuasan pelanggan Wroeng SS. (2) Pengaruh variabel x secara simultan terhadap kepuasan pelanggan Wroeng SS. Penelitian ini menggunakan penelitian survey, yaitu penelitian yang mengambil sampel dari satu populasi dan menggunakan kuesioner sebagai alat pengambilan data yang pokok. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini tak terhingga, adapun sampel terpilih sebanyak 85 orang, tehnik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah menggunakan tehnik purposive sampling. Data yang terkumpul yang berasal dari data primer dianalisis secara deskriptif dan analisis statistik dengan menggunakan program SPSS (Statitical Program For Social Science). Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data disimpulkan bahwa: (1) Kualitas Produk berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan. (2)Kualitas Layanan berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan. (3) Presepsi Harga berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan. Kualitas Produk, Kualitas Layanan, dan Presepsi harga secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan. Dari penjelasan di atas maka disarankan kepada perusahaan bahwa : (1) Bagi Pemilik Waroeng SS, diharapkan dapat mempertahankan bahkan meningkatkan kualitas barang atau jasa yang dihasilkan dan semakin mengembangkan produk, sehingga dapat meningkatkan layanan sesuai dengan apa yang diharapkan. (2) Bagi Peneliti Selanjutnya, diharapkan bagi peneliti selanjutnya dalam melakukan penelitian yang serupa lebih mengembangkan hasil yang telah dicapai peneliti saat ini, bahkan lebih baik menambah indikator-indikator baru yang kiranya mempengaruhi kepuasan pelanggan.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2015-11-30

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI