PENGARUH KUAITAS PELAYANAN,PERSEPSI HARGA, DAN FASILITAS TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DALAM MENGGUNAKAN JASA AGUNG JAYA TOUR KEIDIRI
Author (Penulis)
FRISKY FEBRIANTO
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
10.1.02.02.0102
Abstract
ABSTRAK
Frisky Febrianto: Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Konsumen Dalam Menggunakan Jasa Agung Jaya Tour Kediri. Skripsi, Manajemen, Fakultas Ekonomi UNP Kediri, 2015
Kata kunci : Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga, Fasilitas dan Kepuasan Konsumen.
Penelitian ini dilatar belakangi bahwa variabel kualitas pelayanan, persepsi harga, dan fasilitas dapat mempengaruhi kepuasan konsumen dalam menggunakan jasa Agung Jaya Tour Kediri. Tujuan penelitian ini adalah (1) Pengaruh variabel kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen dalam menggunakan Jasa Agung Jaya Tour Kediri (2) Pengaruh variabel persepsi harga terhadap kepuasan konsumen dalam menggunakan Jasa Agung Jaya Tour Kediri (3) Pengaruh variabel fasilitas terhadap kepuasan konsumen dalam menggunakan Jasa Agung Jaya Tour Kediri. (4) Pengaruh variabel kualitas pelayanan, persepsi harga dan fasilitas mempunyai pengaruh secara bersama-sama terhadap kepuasan konsumen dalam menggunakan Jasa Agung Jaya Tour Kediri.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif yaitu pendekatan penelitian yang menggunakan data berbentuk angka. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 40 orang yang merupakan konsumen yang menggunakan Jasa Agung Jaya Tour Kediri. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah kualitas pelayanan (X1), persepsi harga (X2), fasilitas (X3), dan kepuasan konsumen (Y) sebagai variabel terikat. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, koefisien determinasi dan uji hipotesis. Pengujian hipotesis yang digunakan adalah uji statistik secara simultan (uji F) dan uji statistik secara parsial (uji t) dan dengan taraf signifikan ? = 5%. Penganalisisan data menggunakan bantuan program SPSS for windows versi 16.
Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa nilai F signifikansi yaitu (1) kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen (2) persepsi harga berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen (3) fasilitas berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen (4) kualitas pelayanan, persepsi harga dan fasilitas secara bersam-sama berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. Kesimpulan yang dapat ditarik dari penelitian ini adalah bahwa variabel-variabel kualitas pelayanan, persepsi harga, dan fasilitas baik secara bersama-sama maupun secara parsial mempunyai pengaruh terhadap kepuasan konsumen.