ANALISIS PENGARUH KUALITAS, DESAIN DAN HARGA PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN AQUA (Survey pada Konsumen AQUA di Desa Mojoroto Kota Kediri Tahun 2015)


Author (Penulis)

FIRMAN YOGI WANDANA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

10.1.02.02.0100

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan peneliti, bahwa perkembangan teknologi dan industri membawa dampak bagi kehidupan manusia, terutama dunia usaha pada saat ini. Banyak para perusahaan yang bersaing untuk menarik para konsumen untuk membeli barang dagangannya. Untuk itu pengusaha harus tanggap terhadap apa yang harus dilakukan terkait dengan kelangsungan hidup usahanya, karena konsumen akan semakin selektif dalam melakukan pembelian untuk memenuhi kebutuhannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) apakah kualitas secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian? (2) apakah desain secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian? (3) apakah harga secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian? (4) apakah kualitas, desain dan harga secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini dilakukan di Desa Mojoroto Kota Kediri dan menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 40 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel-variabel kualitas, desain dan harga secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan hasil uji F memperlihatkan bahwa pengaruh secara bersama-sama dari seluruh variabel independen (kualitas, desain dan harga) terhadap keputusan pembelian produk AQUA di desa Mojoroto kota Kediri menunjukkan hasil yang positif dan signifikan. Hal tersebut ditunjukkan dari besarnya nilai F sebesar 40,79 dengan tingkat signifikansi 0,000 (kurang dari 0,05). Dari hasil perhitungan uji Koefisien Determinasi (R 2 ), diketahui nilai adjusted Rsquare adalah sebesar 0,754 hal ini berarti variabel-variabel independen dalam penelitian ini mampu menerangkan 75,4 % mengenai pengaruh terhadap keputusan pembelian produk AQUA di desa Mojoroto kota Kediri, sedangkan sisanya 24,6 % dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Kata kunci: kualitas, desain, harga dan keputusan pembelian

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-12

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI