ANALISIS PENGARUH STORE ATMOSPHERE, KUALITAS PELAYANAN, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI WARUNG LESEHAN BU NANIK SAMBI KEDIRI TAHUN 2015


Author (Penulis)

ANANG KUSDIANTORO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

10.1.02.02.0027

Abstract

Semakin banyak bermunculan tempat makan saat ini, baik yang berupa restoran, rumah makan atau warung lesehan memacu para pelaku usaha ini untuk terus bersaing. Industri tempat makan ini merupakan salah satu bentuk usaha ekonomi yang memiliki prospek yang bagus, bahkan dalam kondisi krisis sekalipun. Dari sini muncullah berbagai strategi pemasaran guna memenuhi kebutuhan pelanggan, ada yang menonjolkan cita rasa masakan, kualitas pelayanan, fasilitas yang mebuat pelanggan tertarik untuk datang. Di tengah-tengah persaingan itulah Warung lesehan bu Nanik tetap bertahan dan berkembang yang membuktikan bahwa tempat makan ini mampu memberi kepuasan bagi pengunjungnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh store atmosphere, kualitas pelayanan, dan kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan di Warung Lesehan Bu Nanik Sambi Kediri. Penelitian ini dilakukan dengan metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan Warung Lesehan Bu Nanik yang jumlahnya tidak terbatas. Sampel yang diambil sebanyak 50 pelanggan. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive random sample. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, dan uji hipotesis dengan menggunakan bantuan SPSS For Windows versi 19.0. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data disimpulkan bahwa: (1) Store atmosphere tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada Warung lesehan bu Nanik Sambi Kediri. (2) Kualitas pelayanan tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada Warung lesehan bu Nanik Sambi Kediri (3) Kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada Warung lesehan bu Nanik Sambi Kediri. (4) Store atmosphere, kualitas pelayanan, dan kualitas produk secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan Warung lesehan bu Nanik Sambi Kediri. Dari penjelasan di atas maka peneliti menyarankan untuk : (1) manajemen Warung lesehan bu Nanik Sambi Kediri perlu meningkatkan kualitas produk dan meningkatkan inovasi makanan guna meningkatkan kepuasan pelanggan (2) Bagi penelitian selanjutnya, diharapkan untuk menambah variabel kualitas produk, sebab ada kemungkinan kualitas produk dapat berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-06-20

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI