ANALISIS PENGARUH HARGA, PROMOSI, KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA LONDRE38 DI DESA KANIGORO


Author (Penulis)

M. ZULHAM EFENDY
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

10.1.02.02.00138

Abstract

M. Zulham Efendy: Analisis Pengaruh Harga, Promosi, Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan pada Londre38 di Desa Kanigoro. Skripsi, Manajemen, Fakultas Ekonomi UNP Kediri, 2015. Kata kunci: Harga, Promosi, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Konsumen dan Loyalitas Pelanggan Loyalitas pelanggan adalah komitmen pelanggan bertahan secaramendalam untuk berlangganan kembali atau melakukan pembelian ulang produkatau jasa terpilih secara konsisten dimasa yang akan datang, meskipun pengaruh situasi dan usaha-usaha pemasaran mempunyai potensi untuk menyebabkan perubahan perilaku. Harga adalah nilai suatu barang yang dinyatakan dengan uang. Promosi adalah suatu komunikasi informasi penjual dan pembeli yang bertujuan untuk merubah sikap dan tingkah laku pembeli, yang tadinya tidak mengenal menjadi mengenal sehingga menjadi pembeli dan tetap mengingat produk tersebut. Kualitas pelayanan adalah tingkat keunggulan yang diharapkan dan pengendalian atas tingkat keunggulan tersebut untuk memenuhi keinginan pelanggan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepuasan konsumen terhadap loyalitas pelanggan pada produk Londre38. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda, uji t dan uji F. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 50 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotesis 4) ada pengaruh harga, promosi dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen (X1,2,3 dengan Y1)”. Hasil analisis menunjukkan bahwa Fhitung ? Ftabel (Sig. 0,000), sehingga hipotesis nihil yang mengatakan “Tidak ada pengaruh harga, promosi dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen, ditolak”. Dan hipotesis 5) pengaruh tidak langsung antara variabel harga (X1), promosi (X2) dan kualitas pelayanan (X3) terhadap loyalitas pelanggan (Y2) melalui kepuasan konsumen (Y1)”. Hasil analisis menunjukkan bahwa Fhitung ? Ftabel (Sig. 0,000), sehingga hipotesis nihil yang mengatakan “Tidak ada pengaruh kepuasan konsumen terhadap loyalitas pelanggan, ditolak”. Berdasarkan hasil kesimpulan penelitian ini, diharapkan dapat dijadikan masukan bagi pihak-pihak terkait lainnya seberapa pentingnya pengaruh variabel-variabel harga, promosi dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan konsumen pada bidang jasa khususnya bisnis londre38.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-22

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI