PENGARUH CITRA PERUSAHAAN, PEMASARAN RELASIONAL, DAN KEPUASAN KON SUMEN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA STUDIO JAVA KEDIRI TAHUN 2014
Author (Penulis)
ACHMAD MUHAIMIN
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
10.1.02.02.00003
Abstract
PENGARUH CITRA PERUSAHAAN, PEMASARAN RELASIONAL, DAN KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN
PADA STUDIO JAVA KEDIRI TAHUN 2014
Achmad Muhaimin
10.1.02.02.0003
Ekonomi - Manajemen
achmadmuhaimin89@gmail.com
Dra. Puji Astuti, M.M., M.Si dan Dr. Sri Aliami
UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI
ABSTRAK
Persaingan dalam dunia bisnis pada saat ini sangatlah ketat. Kondisi ini seiring dengan bertambahnya pelaku usaha dalam upaya memenuhi kebutuhan konsumen, sehingga pelaku usaha berusaha untuk saling berkompetisi mendapatkan konsumen. Mengingat besarnya biaya yang harus dikeluarkan untuk mendapatkan konsumen, membuat perusahaan cenderung memilih untuk mempertahankan konsumennya atau loyalitas konsumen dalam hal ini disebut sebagai pelanggan. Atas dasar hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh citra perusahaan, pemasaran relasional dan kepuasan konsumen terhadap loyalitas pelanggan Studio Java Kediri baik secara parsial maupun simultan.
Variabel penelitian yang digunakan adalah citra perusahaan, pemasaran relasional, kepuasan dan loyalitas konsumen. Populasi dalam penelitian ini sejumlah 78 responden. Sampel ditentukan dengan menggunakan metode purposive sampling sejumlah 44 responden dengan menggunakan rumus Slovin. Hasil penelitian membuktikan bahwa secara parsial variabel citra perusahaan, pemasaran relasional dan kepuasan konsumen berpengaruh signifikan terhadap variabel loyalitas pelanggan dengan koefisien thitung sebesar 3,049 untuk citra perusahaan, pemasaran relasional 2,403 dan 2,979 untuk variabel kepuasan konsumen sementara ttabel adalah sebesar 2,015. Secara simultan citra perusahaan, pemasaran relasional dan kepuasan juga berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan dengan koefisien F hitung = 87,309 > F tabel(3,40) = 2,839.
Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menyarankan bagi Java Studio untuk berusaha menjaga citra perusahaan, membangun pemasaran relasional dan mengutamakan kepuasan konsumen sehingga pelanggan merasa nyaman memakai jasa dan produk Java Studio Kediri dan menjadi pelanggan loyal.
Kata kunci : Citra Perusahaan, Pemasaran Relasional, Kepuasan, dan Loyalitas Pelanggan