MENINGKATKAN KEMAMPUAN SOSIAL EMOSIONAL MELALUI KEGIATAN MELUKIS GELEMBUNG SABUN PADA ANAK KELOMPOK B TK DHARMA WANITA IV SUMBERAGUNG DESA SUMBERAGUNG KECAMATAN WATES KABUPATEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2014-2015


Author (Penulis)

SRIAMAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

10.1.01.11.0431

Abstract

Penelitian dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran sosial emosional di TK masih didominasi oleh aktivitas klasikal dengan dominasi pada peran guru. Akibatnya suasana kelas monoton, pasif dan membosankan hal tersebut nampak dari motivasi belajar siswa yang rendah, yang pada akhirnya hasil belajarnyapun juga rendah. Masalah penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah penerapan pembelajaran sosial emosional melalui kegiatan melukis gelembung sabun menggunakan metode penerapan indikator dapat meningkatkan motivasi belajar siswa ? (2) Apakah penerapan pembelajaran sosial emosional melalui kegiatan melukis gelembung sabun menggunakan metode penerapan indikator dapat meningkatkan motivasi belajar siswa ? (3) Apakah penerapan pembelajaran sosial emosional melalui kegiatan melukis gelembung sabun menggunakan penerapan indikator dapat meningkatkan hasil belajar anak ? Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian siswa kelas B TK Dharma Wanita IV Sumberagung. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instrument berupa Rencana Kegiatan Mingguan, Rencana Kegiatan Mingguan, Lembar Observasi Aktivitas Anak, Lembar Kegiatan Anak. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Melalui siklus tindakan pembelajaran dapat ditemukan langkah-langkah yang efektif dalam pembelajaran sosial emosi untuk meningkatkan emosional dan hasil belajar siswa. (2) Melalui siklus tindakan pembelajaran sosial emosional melalui kegiatan melukis gelembung sabun menggunakan metode penerapan indikator terbukti dapat moeningkatkan motivasi. (3) Melalui siklus tindakan pembelajaran sosial emosional melalui kegiatan melukis gelembung sabun dengan metode penerapan indikator terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan kesimpulan hasil penelitian ini, direkomdasikan : (1) Tujuan pokok penggunaan pembelajaran sosial emosional melalui kegiatan melukis gelembung sabun menggunakan metode penerapan indikator adalah untuk mengembangkan kemampuan kerjasama. Oleh sebab itu guru sebagai pelaksana pembelajaran harus mengutamakan proses yang mendukung terciptanya suasana kerja kelompok. (2) Guru masih perlu meneliti terus menerus untuk membuktikan apakah pembelajaran sosial emosional melalui kegiatan melukis gelembung sabun menggunakan metode penerapan indikator sesuai dengan seluruh karakteristik materi dan karakteristik siswa. Dari hasil penelitian ini terbukti bahwa : (1) pada Siklus I berhasil mencapai 11,7%. (2) pada Siklus II berhasil mencapai 23,5%. (3) pada Siklus III berhasil mencapai 79,5%. Dengan demikian hipotensis yang berbunyi “Pembelajaran melukis gelembung sabun dapat meningkatkan kemampuan sosial emosional di TK Dharma Wanita IV Sumberagung. Kecamatan Wates, Kabupaten Kediri” diterima

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-04-04

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI