HUBUNGAN ANTARA PERMAINAN KARTU GAMBAR DENGAN RASA PERCAYA DIRI ANAK RA PSM BARAN KECAMATAN MOJO KABUPATEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Author (Penulis)
ERI RIMA MELATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
10.1.01.11.0053
Abstract
ERI RIMA MELATI: Hubungan antara Permainan Kartu Gambar dengan Rasa Percaya Diri Anak RA PSM Baran Kecamatan Mojo, Skripsi PG-PAUD, FKIP UNP Kediri, 2014.
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa masyarakat beranggapan anak yang memiliki rasa percaya diri adalah dia yang mampu menjawab pertanyaan atau soal-soal yang diberikan oleh Guru. Percaya diri anak bukan hanya ketika dia mampu menjawab pertanyaan atau soal-soal yang diberikan oleh Guru tetapi dia juga mampu melakukan kegiatan permainan kartu gambar yang diberikan oleh Guru.
Permasalahan penelitian ini adalah, 1. Untuk mengetahui seberapa jauh hubungan permainan kartu gambar terhadap rasa percaya diri anak?, 2. Apakah permaian kartu gamabar dapat meningkatkan rasa percaya diri anak?.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subyek penelitian RA.kelompok A PSM Baran Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan instrumen berupa angket untuk mengumpulkan data permainan kartu gambar dan rasa percaya diri. Dan menggunakan program IBM SPSS untuk menganalisis hasil data yang telah diperoleh dari angket.
Berdasarkan hasil penghitungan uji t teknik regresi linier sederhana dengan bantuan IBM SPSS Statistic 21, diperoleh nilai t hitung = 7,064 dengan signifikansi atau Sig. (2-tailed) 0,000. Maka hasil dari penghitungan tersebut adalah signifikan artinya ada hubungan antara kegiatan permainan kartu gambar kelomapok A RA PSM Baran Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2013/2014 terhadap rasa percaya diri anak”.
Saran berdasarkan penelitian yang dilakukan yaitu peserta didik diharapkan agar membentuk rasa percaya diri yang lebih baik agar kelak akan memberi kontribusi terhadap citra sekolah, baik untuk siswa itu sendiri, maupun dalam lingkungan.