PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TARI BAMBU TERHADAP KEMAMPUAN MENDISKRIPSIKAN PERUBAHAN KENAMPAKAN BUMI PADA KELAS 4 SDN TAROKAN 4 KEC. TAROKAN KAB. KEDIRI TAHUN 2014 / 2015


Author (Penulis)

YOGA UTAMA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

10.1.01.10.0436

Abstract

Abstrak YOGA UTAMA: Pengaruh model tari bambu terhadap kemampuan mendeskripsikan perubahan kenampakan bumi kelas IV SDN Tarokan 4, Skripsi, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP UNP Kediri, 2015. Kata kunci: mode; tari bambu, kemampuan mendeskripsikan perubahan kenampakan bumi. Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran IPA di Sekolah Dasar masih didominasi oleh aktivitas klasikal dengan dominasi pada peran guru saja. Akibatnya suasana kelas menjadi monoton, pasif dan membosankan. Hal tersebut tampak dari motivasi belajar siswa yang rendah pada akhirnya mempengaruhi hasil belajar menjadi rendah pula. Berdasarkan latar belakan tersebut, rumusan masalahnya sebagai berikut: (1) Bagaimanakah kemampuan mendeskripsikan perubahan kenampakan bumi sebelum menggunakan model tari bambu pada kelas IV SDN Tarokan 4 Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2015/2016? (2) Bagaimanakah kemampuan mendeskripsikan perubahan kenampakan bumi melalui penerapan model tari bambu pada kelas IV SDN Tarokan 4 Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2015/2016? (3) Adakah pengaruh model tari bambu terhadap kemampun mendeskripsikan perubahan kenampakan bumi pada kelas IV SDN Tarokan 4 Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2015/2016 ? Penelitian ini menggunakan teknik penelitian true eksperimental sehingga terdapat kelas eksperimen dan kelas kontrol. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN Tarokan 4 Kec. Tarokan Kab. Kediri. Teknik pengumpulan data berupa tes, dan instrumennya berupa soal subjektif. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik inferensial dengan menggunakan uji-t pada taraf signifikan 1%. Hasil analisis yang dilakukan menunjukkan nilai t-hitung (4,7) > t-tabel (2,713). Hasil tersebut diperoleh dari nilai rata-rata kelas kontrol (Vb) 65 < 70 (KKM) dan nilai rata-rata kelas eksperimen (Va) 79,75 > 70 (KKM). Artinya ada pengaruh penerapan model tari bambu terhadap kemampuan mendeskripsikan perubahan kenampakan bumi siswa kelas IV SDN Tarokan 4 Kec. Plemahan Kab. Kediri Tahun 2015/2016. Simpulan hasil penelitian ini adalah: (1) kemampuan mendeskripsikan ketergantungan perubahan kenampakan bumi SDN Tarokan 4 siswa kelas kontrol dinyatakan kurang mampu; (2) kemampuan mendeskripsikan perubahan kenampakan bumi SDN Tarokan 4 siswa kelas eksperimen dinyatakan mampu; (3) ada pengaruh yang sangat signifikan pada penggunaan model tari bambu terhadap kemampuan mendeskripsikan perubahan kenampakan bumi siswa kelas IV SDN Tarokan 4 Tahun 2015/2016.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-08

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI