PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TARI BAMBU TERHADAP KEMAMPUAN MENDISKRIPSIKAN PERUBAHAN KENAMPAKAN BUMI PADA KELAS 4 SDN TAROKAN 4 KEC. TAROKAN KAB. KEDIRI TAHUN 2014 / 2015
Author (Penulis)
YOGA UTAMA
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
10.1.01.10.0436
Abstract
Abstrak
YOGA UTAMA: Pengaruh model tari bambu terhadap kemampuan
mendeskripsikan perubahan kenampakan bumi kelas IV SDN Tarokan 4, Skripsi,
Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP UNP Kediri, 2015.
Kata kunci: mode; tari bambu, kemampuan mendeskripsikan perubahan
kenampakan bumi.
Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil pengamatan dan pengalaman
peneliti, bahwa pembelajaran IPA di Sekolah Dasar masih didominasi oleh
aktivitas klasikal dengan dominasi pada peran guru saja. Akibatnya suasana kelas
menjadi monoton, pasif dan membosankan. Hal tersebut tampak dari motivasi
belajar siswa yang rendah pada akhirnya mempengaruhi hasil belajar menjadi
rendah pula.
Berdasarkan latar belakan tersebut, rumusan masalahnya sebagai berikut:
(1) Bagaimanakah kemampuan mendeskripsikan perubahan kenampakan bumi
sebelum menggunakan model tari bambu pada kelas IV SDN Tarokan 4
Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2015/2016? (2) Bagaimanakah kemampuan
mendeskripsikan perubahan kenampakan bumi melalui penerapan model tari
bambu pada kelas IV SDN Tarokan 4 Kabupaten Kediri Tahun Ajaran
2015/2016? (3) Adakah pengaruh model tari bambu terhadap kemampun
mendeskripsikan perubahan kenampakan bumi pada kelas IV SDN Tarokan 4
Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2015/2016 ?
Penelitian ini menggunakan teknik penelitian true eksperimental sehingga
terdapat kelas eksperimen dan kelas kontrol. Menggunakan pendekatan kuantitatif
dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN Tarokan 4 Kec. Tarokan Kab.
Kediri. Teknik pengumpulan data berupa tes, dan instrumennya berupa soal
subjektif.
Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik inferensial dengan
menggunakan uji-t pada taraf signifikan 1%. Hasil analisis yang dilakukan
menunjukkan nilai t-hitung (4,7) > t-tabel (2,713). Hasil tersebut diperoleh dari
nilai rata-rata kelas kontrol (Vb) 65 < 70 (KKM) dan nilai rata-rata kelas
eksperimen (Va) 79,75 > 70 (KKM). Artinya ada pengaruh penerapan model tari
bambu terhadap kemampuan mendeskripsikan perubahan kenampakan bumi
siswa kelas IV SDN Tarokan 4 Kec. Plemahan Kab. Kediri Tahun 2015/2016.
Simpulan hasil penelitian ini adalah: (1) kemampuan mendeskripsikan
ketergantungan perubahan kenampakan bumi SDN Tarokan 4 siswa kelas kontrol
dinyatakan kurang mampu; (2) kemampuan mendeskripsikan perubahan
kenampakan bumi SDN Tarokan 4 siswa kelas eksperimen dinyatakan mampu;
(3) ada pengaruh yang sangat signifikan pada penggunaan model tari bambu
terhadap kemampuan mendeskripsikan perubahan kenampakan bumi siswa kelas
IV SDN Tarokan 4 Tahun 2015/2016.