PENGARUH MODEL OPEN ENDED DENGAN TEKNIK CLUSTERING TERHADAP KEMAMPUAN MENGHITUNG PERKALIAN DAN PEMBAGIAN YANG HASILNYA BILANGAN TIGA ANGKA SISWA KELAS III SDN SUMBERKEPUH 3 KECAMATAN TANJUNGANOM KABUPATEN NGANJUK TAHUN AJARAN 2014-2015


Author (Penulis)

WILLING RAHAYU
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

10.1.01.10.0422

Abstract

ABSTRAK Willing Rahayu:PengaruhModel Open Ended Dengan Teknik Clustering Terhadap Kemampuan Menghitung Perkalian Dan Pembagian Yang Hasilnya Bilangan Tiga Angka Siswa Kelas III SDN Sumberkepuh 3, skripsi, PGSD, FKIP UNP Kediri, 2015. Kata kunci : model open ended, teknik clustering, kemampuan menghitung perkalian dan pembagian yang hasilnya bilangan tiga angka. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran matematika di SD masil didominasi oleh peran guru. Akibatnya suasana kelas monoton, pasif, dan membosankan. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil observasi di kelas III SDN Sumberkepuh 3 Kecamatan Tanjunganom, hasil belajar matematika siswa kelas III di sekolah tersebut masih belum memenuhi target yang diinginkan sekolah. Padahal matematika berfungsi untuk melatih siswa berfikir kritis, logis, analisis dan kreatif dalam melakukan pemecahan masalah. Akan tetapi kurangnya inovasi yang dilakukan guru dalam penggunaan strategi atau model dalam pembelajaran menyebabkan siswa kurang aktif dalam pembelajaran. siswa cenderung pasif, dan akibatnya 80,8% hasil belajar siswa masih dibawah KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yaitu 67. Peneliti berupaya mengatasi permasalahan tersebut dengan cara membuat strategi pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran open ended dengan teknik clustering, sehingga hasil belajar matematika siswa dapat meningkat dan memenuhi KKM. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh signifikan pendekatan open ended dengan teknik clustering terhadap kemampuan menghitung perkalian dan pembagian siswa kelas III SSDN Sumberkepuh 3 Kecamatan Tanjunganom Kabupaten Nganjuk? Tujuan penelitan ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan model open ended dengan teknik custering terhadap hasil belajar siswa terutama terhadap kemampuan menghitung perkalian dan pembagian yang hasilnya bilangan tiga angka siswa kelas III SDN Sumberkepuh 3 Kecamatan Tanjunganom Kabupaten Nganjuk. Metode penelitian ini adalah eksperimen. Desain penelitan yang digunakan adalah one group pretest-posstest design. Analisis instrumen yang digunakan adalah uji validitas dan reabilitas. Teknik analisis data dalam penelitian adalah uji uji persyaratan data menggunakan uji normalitas dan uji hipotesis menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis data penelitan setelah mendapatkan perlakuan menunjukkan bahwa hasil belajar matematika menggunakan model open ended dengan teknik clustering dalam pembelajaran matematika dapat meningkat. Hasil belajar matematika yang awalnya memiliki rata-rata nilai 54,23 menjadi 78,08 setelah diberikan perlakuan. Hasil analisis dengan menggunakan uji-t diperoleh nilai thitung = 13,542 > ttabel = 2,06 sehingga terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar matematika siswa setelah diberikan perlakuan berupa penggunaan model open ended dengan teknik clustering dalam pembelajaran matematika. Saran yang dapat peneliti sampaikan hendaknya penelitian ini dapat diterapkan oleh guru untuk menyempurnakan dalam strategi belajar mengajar.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2015-12-08

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI