Peningkatan kemampuan menemukan pikiran pokok teks agak panjang (150-200) dengan cara membaca sekilas dengan model cooperative integrated reading and composition (CIRC) pada siswa kelas IV SDN Manggis 2 Kecamatan Ngancar


Author (Penulis)

Wida Cahya Gumelar
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

10.1.01.10.0419

Abstract

ABSTRAK WIDA CAHYA GUMELAR : “Peningkatan Kemampuan Menemukan Pikiran Pokok Teks Agak Panjang (150-200) Dengan Cara Membaca Sekilas Dengan Model Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Pada Siswa Kelas IV SDN Manggis II Kecamatan Ngancar”, Skripsi, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP Universitas Nusantara PGRI Kediri. 2017. Latar belakang Penelitian ini adalah hasil pengamatan penulis yang menunjukkan bahwa pembelajaran Bahasa Indonesia di SD masih didominasi oleh peran guru. Akibatnya suasana kelas monoton, pasif, dan membosankan. Hal tersebut nampak dari motivasi belajar siswa yang rendah, yang pada akhirnya hasil belajarnyapun juga rendah. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah kemampuan menemukan pikiran pokok teks agak panjang (150-200) dengan cara membaca sekilas dengan menggunakan model cooperative integreted reading and composition(CIRC) siswa kelas IV SDN Manggis 2 Kecamatan Ngancar ?, (2) Adakah peningkatan kemampuan menemukan pikiran pokok teks agak panjang (150-200) dengan cara membaca sekilas dengan model cooperative integreted reading and composition(CIRC) siswa kelas IV SDN Manggis 2 Kecamatan Ngancar ? Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian siswa kelas IV SDN MANGGIS II. Teknik penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, menggunakan instrumen tes dan lembar observasi aktivitas siswa, dan lembar observasi aktivitas guru. Subyek penelitian ini yakni siswa kelas IVSDN Manggis I, dengan jumlah siswa 29 siswa masing-masing perempuan 11 siswa dan laki-laki 18 siswa. Instrumen yang digunakan yaitu soal teks esay dan lembar observasi. Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa, (1) Siswa kelas IV SDN Manggis 2 mampu menemukan pikiran pokok pada teks agak panjang dengan bukti hasil belajar siswa dengan rata-rata 73,75 pada siklus I dan 85,13 pada siklus II, (2) ada peningkatan kemampuan siswa dalam menemukan pikiran pokok pada teks agak panjang yaitu pada siklus I ketuntasan klasikal mencapai 43,11%dan meningkat menjadi 88,8 % pada siklus II. Kata kunci : kemampuan, menemukan pikiran pokok, model CIRC

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-17

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 07 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI