PENGARUH PENGGUNAAN MODEL DEEP DEALOGUE DIDUKUNG MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MELAKUKAN WAWANCARA DENGAN NARA SUMBER PADA SISWA KELAS V SDI Al-HUDA KOTA KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

SUKRISMA BAPA WIJAYA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

10.1.01.10.0388

Abstract

Abstrak Penelitian ini memiliki 3 perumusan masalah sebagai berikut: (1) Bagaimana hasil belajar siswa sebelum menggunakan model deep dealoge didukung media audio visual terhadap kemampuan melakukan wawancara dengan nara sumber pada siswa kelas V SDI Al-Huda Kota Kediri? (2) Bagaimana hasil belajar siswa setelah menggunakan model deep dealogue didukung media audio visual terhadap kemampuan melakukan wawancara dengan nara sumber pada siswa kelas V SDI Al-Huda Kota Kediri? (3) Bagaimanakah pengaruh model deep dealogue didukung media audio visual terhadap kemampuan melakukan wawancara dengan nara sumber pada siswa kelas V SDI Al-Huda Kota Kediri? Penelitian ini menggunakan jenis teknik penelitian True Experimental design. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas V SDI AL HUDA Kota Kediri. Teknik pengumpulan data berupa tes, dan instrumennya Soal uraian singkat. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik dengan menggunakan uji-t pada taraf sangat signifikan 5%. Hasil analisis yang dilakukan nilai thitung (4,12) ? ttabel (2,704) dan nilai rata-rata kelas 86,53 ? 75 (KKM). Artinya ada pengaruh model pembelajaran model deep dealogue didukung media audio visual terhadap kemampuan melakukan wawancara dengan nara sumber pada siswa kelas V SDI Al-Huda Kota Kediri. Simpulan hasil penelitian ini adalah (1) Kemampuan wawancara tanpa menggunakan model pembelajaran deep dealoge dan media audio visual siswa kelas V SDI AL HUDA Kota Kediri Tahun Pelajaran 2014 / 2015 dinyatakan kurang menguasai. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai rata – rata siswa adalah kurang dari 75 yaitu 52,69. (2) Kemampuan wawancara dengan menggunakan model pembelajaran deep dealoge dan media audio visual siswa kelas V SDI AL HUDA Kota Kediri Tahun Pelajaran 2014 / 2015 dinyatakan menguasai atau berhasil. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai rata – rata siswa adalah lebih dari 75 yaitu 86,53. (3) Ada pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran deep dealoge dan media audio visual terhadap kemampuan wawancara siswa kelas V SDI AL HUDA Kota Kediri Tahun Pelajaran 2014 / 2015 . Hal tersebut berdasarkan perolehan dari thitung sebesar 5,94 dan ttabel db 50 sebesar 2,704. Hal ini menjelaskan bahwa thitung 5,936842105263158 (pembulatan 5,94 ) > ttabel ( 2,704 ), sehingga hipotesis nol ( Ho) ditolak pada taraf signifikan 5% dan hipotesis kerja ( Ha) terbukti benar.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-11

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI