PENGARUH MODEL ROTATING TRIO EXCHANGE TERHADAP MENDESKRIPSIKAN PERUBAHAN KENAMPAKAN BUMI PADA SISWA KELAS IV SDN PLOSOHARJO 3 KECAMATAN PACE TAHUN 2014/2015
Author (Penulis)
SHERLY ELSA ILLAHI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
10.1.01.10.0369
Abstract
ABSTRAK
Kata kunci: Pendidikan IPA, Sikap Peduli Lingkungan, Consequence Wheel, Kontekstual, dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran.
Lingkungan merupakan bagian integral dari kehidupan manusia. Terjaganya lingkungan menjadikan kualitas hidup manusia lebih baik. Kenyataan dalam pembelajaran guru lebih banyak menekankan pada aspek pengetahuan dan keterampilan daripada aspek sikap peduli terhadap lingkungan bagi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknik pembelajaran consequence wheel pada model pembelajaran kontekstual terhadap sikap peduli lingkungan pada siswa kelas IV SDN Mrican 4 Kecamatan Mojoroto Kota Kediri Tahun Ajaran 2013/2014. Penelitian dilakukan secara eksperimental pada kelas IVA menggunakan model pembelajaran kontekstual tanpa teknik pembelajaran consequence wheel, sedangkan kelas IVB menggunakan teknik consequence wheel pada model pembelajaran kontekstual. Parameter yang diamati adalah sikap peduli lingkungan dengan indikator : jadwal piket, kerjabakti, penghijauan, dan pengelolaan sampah yang diukur secara kuantitatif. Data yang diperoleh selanjutnya dikualitatifkan dengan kriteria penilaian menurut Karso (1993:26). Penggunaan teknik pembelajaran consequence wheel pada model pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan sikap peduli pada siswa kelas IV SDN Mrican 4 Kecamatan Mojoroto Kota Kediri Tahun Ajaran 2013/2014.