PENGARUH SRATEGI INQUIRING MINDS WANT to KNOW DENGAN MEDIA VIDEO TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN DAUR HIDUP HEWAN PADA KELAS IV SDN TERTEK IV PARE KABUPATEN KEDIRI TAHUN AJARAN 2013/2014


Author (Penulis)

SAYIP EKO WIDODO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

10.1.01.10.0359

Abstract

Abstrak Sayip Eko Widodo: Pengaruh srategi Inquiring Minds Want to Know dengan media video terhadap kemampuan mendeskripsikan daur hidup hewan pada Kelas IV SDN TERTEK IV Pare, skripsi, PGSD, FKIPUNP Kediri, 2014. Kata Kunci: srategi Inquiring Minds Want to Know, media video, kemampuan mendeskripsikan daur hidup hewan. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan peneliti, bahwa pada materi mendeskripsikan daur hidup hewan di lingkungan sekitar pada anak kelas IV siswa SDN Tertek IV Pare kesulitan dalam pembelajaran IPA dikarenakan Kondisi PBM di tingkat sekolah masih diwarnai oleh penekanan pada aspek pengetahuan dan sangat sedikit yang mengacu pada pelibatan siswa dalam proses pembelajaran.Proses pembelajaran masih menggunakan metode ceramah dan mengharapkan siswa duduk, diam, dengar, catat dan hafal (3DCH) sehingga kegiatan pembelajaran menjadi monoton dan kurang menarik perhatian siswa. Dengan teknik pembelajaran aktif tipe Inquiring Minds Want to Know dengan media video siswa bias dilatih untuk berani mengutarakan ide atau pertanyaan dan bisa menambah keaktifan siswa dalam mengikuti pelajaran. Dalam pembelajaran di kelas, Guru dituntut kemampuannya dalam mengelola kelas dan memilih media yang relevan dengan tujuan pembelajaran. Penggunaan media yang tepat selain mampu memusatkan perhatian anak juga dapat mengurangi tingkat kebosanan dalam pembelajaran. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini memiliki 3 rumusan masalah sebagai berikut: (1) Bagaimana penggaruh sebelum menggunakan strategi Inquiring Minds Want to Know dengan menggunakan media video pada hasil belajar siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pada materi daur hidup hewan siswa kelas IV semester 1 SDN Tertek IV Pare Kabupaten Kediri? (2) Bagaimanakah pengaruh sesudah menggunakan strategi Inquiring Minds Want to Know dengan menggunakan media video pada hasil belajar siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pada materi daur hidup hewan siswa kelas IV semester 1 SDNTertek IV Pare Kabupaten Kediri? (3) Adakah pengaruh penggunaan strategi Inquiring Minds Want to Know dengan menggunakan media video dalam mendeskripsikan daur hidup hewan SDN Tertek IV Pare Kabupaten Kediri? Penelitian ini menggunakan teknik penelitian eksperimen sehingga terdapat kelas eksperimen dan kontrol. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN Tertek IV Pare. Teknik pengumpulan data berupa tes pada akhir pelajaran dan instrumennya berupa soal objektif yaitu tes uraian. Berdasarkan data hasil belajar mendeskripsikan daur hidup hewan, nilai rata-rata siswa dalam kelas eksperimen adalah 76.8 dan kelas control adalah70.72. Dari data hasil analisa yang menggunakan uji-t dapat terlihat bahwa ada perbedaan signifikan antara dua kelas tersebut. Dari data diatas terlihat t hitung (2.030) ? t tabel 5% (1.983759568), makasignifikan, akibatnya Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa “Ada pengaruh penggunaan Srategi Inquiring Minds Want to Know dengan media video terhadap kemampuan mendeskripsikan daur hidup hewan siswa kelas IV SDN Tertek IV Kecamatan Pare Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2013/2014”. Berdasarkan analisis data dari pengujian hipotesis maka dapat disimpulkan: (1) Hasil belajar siswa kelas IV-A sebagai kelas control masih lemah dan belum tuntas. Hal ini dibuktikan dari nilai rata-rata kelas control yaitu 72,77 masih di bawah KKM. (2) Hasil belajar siswa kelas IV-B SD sebagai kelas eksperimen cukup baik dan sudah tuntas. Hal ini dibuktikan dari nilai rata-rata kelas eksperimen yaitu 76.8 sudah di atas KKM. (3) Srategi Inquiring Minds Want to Know dengan media video mempunyai pengaruh terhadap kemampuan mendeskripsikan daur hidup hewan siswa kelas IV SDN Tertek IV Pare. Hal ini dibukikan dengan penghitungan hasil tes menggunakan SPSS versi 16.0, dapat dilihat bahwa berpedoman pada besarnya angka signifikan. Dalam hal ini keputusan dapat ditunjukkan dari uji-t diperoleh nilai Dari data diatas terlihat t hitung (2.030) > t tabel 5% (1.983759568).

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2015-12-15

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI