PENGARUH MODEL CIRCUIT LEARNING DENGAN MEDIA POSTER TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASIKAN PERATURAN UNDANG-UNDANG TINGKAT PUSAT DAN DAERAH PADA SISWA KELAS V SDN TENGGERKIDUL 1 KECAMATAN PAGU KABUPATEN KEDIRI TAHUN AJARAN 2013/2014


Author (Penulis)

RIYADLUS SA'IDAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

10.1.01.10.0341

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi berdasar pengalaman peneliti selama pembelajaran PKn khususnya materi mengidentifikasikan peraturan undang-undang tingkat pusat dan daerah sangat jarang disajikan menggunakan model dan media pembelajaran. Hal ini disebabkan karena model pembelajaran yang tidak bervariasi serta terbatasnya media pembelajaran di sekolah. Padahal model dan media pembelajaran efektif dan efisien dalam pencapaian tujuan pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana kemampuan mengidentifikasikan peraturan undang-undang tingkat pusat dan daerah tanpa model Circuit Learning dengan media poster siswa kelas V SDN Tengger Kidul 1 Kecamatan Pagu Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2013/2014? (2) Bagaimana kemampuan mengidentifikasikan peraturan undang-undang tingkat pusat dan daerah dengan model Circuit Learning dengan media poster siswa kelas V SDN Tengger Kidul 1 Kecamatan Pagu Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2013/2014? (3) Adakah pengaruh penggunaan model Circuit Learning dengan media poster terhadap kemampuan mengidentifikasikan peraturan undang-undang tingkat pusat dan daerah siswa kelas V SDN Tengger Kidul 1 Kecamatan Pagu Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2013/2014? Dalam penelitian ini dihasilkan 3 temuan, yaitu: (1) Hasil belajar siswa kelas kontrol terhadap kemampuan mengidentifikasikan peraturan undang-undang tingkat pusat dan daerah membuktikan bahwa tanpa menggunakan model Circuit Learning dengan media poster masih rendah dan belum tuntas. Hal ini dibuktikan dari nilai rata-rata kelas kontrol yaitu 70.56 masih di bawah KKM yang ditetapkan sekolah yaitu 75. (2) Hasil belajar siswa kelas eksperimen menggunakan model Circuit Learning dengan media poster cukup baik dan sudah tuntas. Hal ini dibuktikan dari nilai rata-rata kelas eksperimen yaitu 75.84 sudah di atas KKM. (3) Model Circuit Learning dengan media poster kurang mempunyai pengaruh. Hal ini dibuktikan dengan penghitungan hasil tes t-hitung (1.646) < t-tabel 1% (1.983759568). Berdasar simpulan penelitian ini, direkomendasikan: Dalam meningkatkan mutu pembelajaran, guru harus meningkatkan kompetensi sebagai tenaga pendidik dengan menerapkan dan mengembangkan model lain dengan didukung media yang sesuai dengan materi pembelajaran yang akan disampaikan. Kata Kunci: model circuit learning dengan media poster, kemampuan mengidentifikasikan peraturan perundangan tingkat pusat dan daerah.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2015-12-17

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI