PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PAIR CHECKS DIDUKUNG MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI PENYESUAIAN DIRI HEWAN DENGAN LINGKUNGAN TERTENTU UNTUK MEMPERTAHANKAN HIDUP PADA SISWA KELAS V SDN 1 BENDO TAHUN AJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

PUTRIYANTI WULANSUCI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

10.1.01.10.0309

Abstract

PUTRIYANTI WULANSUCI: Pengaruh Model Pembelajaran Pair Checks didukung Media Gambar Terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Penyesuaian Diri Hewan dengan Lingkungan Tertentu untuk Mempertahankan Hidup pada Siswa Kelas V SDN 1 Bendo Tahun Ajaran 2016/2017. Kata kunci :Pair Checks, media gambar, kemampuan mengidentifikasi penyesuaian diri hewan dengan lingkungan tertentu untuk mempertahankan hidup Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran IPA di SD masih didominasi dengan metode ceramah serta kurangnya penggunaan media pembelajaran yang tepat.Akibatnya siswa menjadi jenuh dan pembelajaran menjadi kurang bermakna bagi siswa.Hal tersebut nampak dari hasil belajar siswa yang rendah. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Apakah model Pair Checks didukung media gambar berpengaruh terhadap kemampuan mengidentifikasi penyesuaian diri hewan dengan lingkungannya untuk mempertahankan hidup pada siswa kelas V SDN 1 Bendo tahun ajaran 2016/2017? (2) Apakah model pembelajaran Langsung (direct Instruction) didukung media gambar berpengaruh terhadap kemampuan mengidentifikasi penyesuaian diri hewan dengan lingkungannya untuk mempertahankan hidup pada siswa kelas V SDN 1 Bendo tahun ajaran 2016/2017? (3) Apakah ada perbedaan hasil nilai antara menggunakan model Pair Checks didukung media gambar dibanding dengan model pembelajaran langsung didukung media gambar terhadap kemampuan mengidentifikasi penyesuaian diri hewan dengan lungkungannya untuk mempertahankan hidup pada siswa kelas V SDN 1 Bendo tahun ajaran 2016/2017? Teknik penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik eksperimen.Sedangkan jenis pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada SDN 1 Bendo Kabupaten Tulungagung. Sample dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 1 Bendo. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah test ulis berupa soal pilihan ganda.Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistic inferensial dengan menggunakan uji Paired Sample T-Test dan Independent Sample T-Test. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah 1) Penggunaan model pembelajaran Pair Checks didukung media gambar berpengaruh terhadap kemampuan mengidentifikasi penyesuaian diri hewan dengan lingkungan tertentu untuk mempertahankan hidup dapat mencapai KKM yang ditentukan, yaitu dengan perolehan rata-rata kelas sebesar 82,96. 2) Penggunaan model pembelajaran langsung didukung media gambar berpengaruh terhadap kemampuan mengidentifikasi penyesuaian diri hewan dengan lingkungan tertentu untuk mempertahankan hidup belum mencapai KKM yang ditentukan, yaitu dengan rata-rata kelas sebesar 69,28. 3) Terdapat perbedaan hasil nilai antara model pembelajaran Pair Checks didukung media gambar dan model pembelajaran langsung didukung media gambar terhadap kemampuan mengidentifikasi penyesuaian diri hewan dengan lingkungan tertentu untuk mempertahankan hidup pada siswa kelas V SDN 1 Bendo tahun ajaran 2016/2017.?

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-15

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI