PENGARUH MODEL PROBLEM BASED INTRODUCTION (PBI) DENGAN MEDIA NYATA TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI HUBUNGAN ANTARA AKAR TUMBUHAN DAN FUNGSINYA PADA KELAS 4 SDN BADAL 2


Author (Penulis)

PEVINDA AYU CAHYO STIANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

10.1.01.10.0299

Abstract

ABSTRAK PEVINDA AYU CAHYO STIANI : Pengaruh Model Problem Based Introduction (PBI) dengan media Nyata Terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Hubungan antara akar tumbuhan dan fungsinya Pada kelas 4 SDN Badal 2, Skripsi, PGSD, FKIP UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI Kediri, 2015 Kata kunci : Model Problem Based Introduction (PBI), Media nyata, kemampuan mengidentifikasi Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil observasi yang dilakukan pada siswa dan diskusi dengan guru kelas, bahwa pembelajaran IPA di SDN Badal 2 masih didominasi oleh guru, sehingga motivasi belajar siswa rendah, tidak bisa memecahkan masalah secara mandiri dan berakibat pada hasil belajar siswa yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam mengidentifikasi hubungan antara akar tumbuhan dan fungsinya setelah menggunakan model pembelajaran Problem Based Introduction (PBI). untuk mengetahui perbedaan setelah menggunakan model Problem Based Introduction (PBI) dengan menggunakan media nyata. Penelitian dilakukan secara eksperimen, dengan desain terakhir dua kelompok diacak (post test-only control design). Subyek penelitian adalah siswa kelas IV-A dan siswa kelas IV-B SDN Badal 2 yang berjumlah 24 siswa. Parameter yang diukur adalah kemampuan mengidentifikasi hubungan antara akar dan fungsinya, yang diukur dengan tes hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Introduction (PBI) dengan media nyata dan tanpa menggunakan media nyata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Introduction (PBI) dengan media nyata lebih baik dari pada tidak menggunakan media nyata, karena media nyata dapat memperluas wawasan dan dapat memberi contoh yang nyata bagi siswa, sehingga mereka dapat memahami pelajaran dengan baik.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-19

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI