PENGARUH MODEL TRANS SECTOR DENGAN METODE OBSERVASI TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI KEGIATAN MANUSIA YANG DAPAT MEMPENGARUHI KESEIMBANGAN ALAM (EKOSISTEM) SISWA KELAS VI SDN 4 SUMBERDADI TRENGGALEK TAHUN AJARAN 2014-2015
Author (Penulis)
NURUL HANIFAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
10.1.01.10.0295
Abstract
ABSTRAKSI
NURUL HANIFAH, Pengaruh Model Trans Sector dengan Metode
Observasi Terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Kegiatan Manusia Yang
Dapat Mempengaruhi Keseimbangan Alam (Ekosistem) 2014-2015, Skripsi,
Universitas Nusantara PGRI Kediri, Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan (FKIP), Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar,
November, 2014-11-13.
Kata kunci : Model, Metode, aktivitas siswa, kemampuan guru, hasil belajar
mengidentifikasi kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi keseimbangan alam
(ekosistem).
Penelitian ini di latar belakangi dari hasil pengamatan dan pengetahuan serta
pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di SD masih
banyak yang menggunakan pembelajaran konvensional, sehingga siswa kurang
aktif dan kurang semangat dalam mengikuti kegiatan pembelajaran, sehingga
menyebabkan hasil belajar siswa rendah.
Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah aktivitas siswa selama
pembelajaran dengan penerapan model trans sector dengan metode observasi
terhadap kemampuan mengidentifikasi kegiatan manusia yang dapat
mempengaruhi keseimbangan alam (ekosistem)? (2) Bagaimana kemampuan
guru dalam mengelola pembelajaran menggunakan model trans sector dengan
metode observasi terhadap kemampuan mengidentifikasi kegiatan manusia yang
dapat mempengaruhi keseimbangan alam (ekosistem)? (3) Adakah pengaruh hasil
belajar siswa dengan penerapan model trans sctor dengan metode observasi
terhadap kemampuan mengidentifikasi kegiatan manusia yang dapat
mempengaruhi keseimbangan alam (kosistem)?
Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan subyek penelitian
siswa kelas VI SDN 4 Sumberdadi Trenggalek. Penelitian diadakan tiga kali
pertemuan, menggunakan instrumen pengumpulan data berupa angket aktivitas
siswa dan guru serta tes soal uraian yang berjumlah 10 soal.
viii
Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) penerapan model trans sector
dengan metode observasi memberikan dampak yang signifikan terhadap
pembelajaran materi kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi keseimbangan
alam (ekosistem) siswa kelas VI SDN 4 Sumberdadi Trenggalek. (2) kemampuan
mengidentifikasi siswa pada materi kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi
keseimbangan alam dengan menggunakan model trans sector dengan metode
observasi dapat menjadikan siswa lebih cepat memahami materi yang telah
disampaikan oleh guru, serta siswa lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran,
sehingga dapat meningkatkan hasil belajar mereka. (3) dari data diatas terbukti
bahwa penerapan model trans sector dengan metode observasi mempengaruhi
aktivitas belajar siswa, kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru dan hasil
belajar siswa.
Berdasarkan simpulan ini, direkomendasikan: (1) Tujuan penggunaan model
trans sector dengan metode observasi dapat menciptakan suasana kegiatan
pembelajaran yang lebih aktif, kreatif, dan inovatif. (2) Guru masih perlu meneliti
terus pakah model trans sector dengan metode observasi dapat digunakan untuk
semua materi pelajaran dan karakteristik siswa.