PENGARUH MODEL TRANS SECTOR DENGAN METODE OBSERVASI TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI KEGIATAN MANUSIA YANG DAPAT MEMPENGARUHI KESEIMBANGAN ALAM (EKOSISTEM) SISWA KELAS VI SDN 4 SUMBERDADI TRENGGALEK TAHUN AJARAN 2014-2015


Author (Penulis)

NURUL HANIFAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

10.1.01.10.0295

Abstract

ABSTRAKSI NURUL HANIFAH, Pengaruh Model Trans Sector dengan Metode Observasi Terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Kegiatan Manusia Yang Dapat Mempengaruhi Keseimbangan Alam (Ekosistem) 2014-2015, Skripsi, Universitas Nusantara PGRI Kediri, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, November, 2014-11-13. Kata kunci : Model, Metode, aktivitas siswa, kemampuan guru, hasil belajar mengidentifikasi kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi keseimbangan alam (ekosistem). Penelitian ini di latar belakangi dari hasil pengamatan dan pengetahuan serta pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di SD masih banyak yang menggunakan pembelajaran konvensional, sehingga siswa kurang aktif dan kurang semangat dalam mengikuti kegiatan pembelajaran, sehingga menyebabkan hasil belajar siswa rendah. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah aktivitas siswa selama pembelajaran dengan penerapan model trans sector dengan metode observasi terhadap kemampuan mengidentifikasi kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi keseimbangan alam (ekosistem)? (2) Bagaimana kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran menggunakan model trans sector dengan metode observasi terhadap kemampuan mengidentifikasi kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi keseimbangan alam (ekosistem)? (3) Adakah pengaruh hasil belajar siswa dengan penerapan model trans sctor dengan metode observasi terhadap kemampuan mengidentifikasi kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi keseimbangan alam (kosistem)? Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan subyek penelitian siswa kelas VI SDN 4 Sumberdadi Trenggalek. Penelitian diadakan tiga kali pertemuan, menggunakan instrumen pengumpulan data berupa angket aktivitas siswa dan guru serta tes soal uraian yang berjumlah 10 soal. viii Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) penerapan model trans sector dengan metode observasi memberikan dampak yang signifikan terhadap pembelajaran materi kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi keseimbangan alam (ekosistem) siswa kelas VI SDN 4 Sumberdadi Trenggalek. (2) kemampuan mengidentifikasi siswa pada materi kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi keseimbangan alam dengan menggunakan model trans sector dengan metode observasi dapat menjadikan siswa lebih cepat memahami materi yang telah disampaikan oleh guru, serta siswa lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar mereka. (3) dari data diatas terbukti bahwa penerapan model trans sector dengan metode observasi mempengaruhi aktivitas belajar siswa, kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru dan hasil belajar siswa. Berdasarkan simpulan ini, direkomendasikan: (1) Tujuan penggunaan model trans sector dengan metode observasi dapat menciptakan suasana kegiatan pembelajaran yang lebih aktif, kreatif, dan inovatif. (2) Guru masih perlu meneliti terus pakah model trans sector dengan metode observasi dapat digunakan untuk semua materi pelajaran dan karakteristik siswa.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-06-14

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI