PENGARUH PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIKDENGAN MEDIA KOTAK SATUAN TERHADAP KEMAMPUAN MENGHITUNG LUAS PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG PADA SISWA KELAS III SDN SAMBI 1 KECAMATAN RINGINREJO TAHUN AJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

NURUL FATIMAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

10.1.01.10.0294

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) disertai media kotak satuan terhadap kemampuan siswa dalam menghitung luas persegi dan persegi panjang pada siswa kelas III tingkat Sekolah Dasar. Penelitian ini dilakukan selama 5 hari dimana peneliti melakukan dua tindakan terhadap kelas III-A dan III-B. Pada kelas III-A peneliti hanya menggunakan pembelajaran konvensional tanpa media dengan materi yg sama, dan nilai rata- rata pada kelas ini mendapatkan 75,76. Sedangkan tindakan pada kelas III-B yaitu peneliti menerapkan pendekatan PMR disertai media kotak satuan, dan nilai rata- rata pada kelas ini mendapatkan 87,00. Sehingga dengan menggunakan pendekatan ini hasil pembelajaran mengalami peningkatan yang signifikan. Hal ini dikarenakan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) didukung media kotak satuan akan menciptakan ruang kelas ke dalam suatu situasi konkrit. Siswa akan menjadi peserta aktif untuk menemukan kembali suatu konsep matematika dengan bimbingan guru bukan hanya pengamat pasif dan bertanggung jawab terhadap belajarnya. Penggunaan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) didukung media kotak satuan akan sangat membantu guru untuk melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran melalui eksplorasi permasalahan dengan memanfaatkan media kotak satuan. Menjadikan media kotak satuan sebagai media pembelajaran pada materi luas persegi dan persegi panjang akan memudahkan siswa untuk mengeksplor kreatifitasnya dan memotivasi serta menarik perhatian siswa dalam belajar matematika. Peran aktif siswa tidak terbatas hanya aktifitas berfikir, melainkan juga rasa emosionalkarena siswa lebih dekat dan lebih menghayati serta akrab terhadap teman dan juga lebih akrab dengan hal yang sedang dipelajari. Hasil penelitian ini membuktikan kebenaran asumsi tersebut diatas, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) didukung media kotak satuan sangat direkomendasikan untuk digunakan dalam pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar khususnya pada materi luas persegi dan persegi panjang. Besarnya pengaruh penggunaan Pendekatan Pendidikan Matematikan Realistik (PMR) didukung media kotak satuan dapat dihitung dengan rumus sebagai berikut: (Me-Mk)/Mk x100% (86,00-73,00)/73,00 x100% =17,8%. Kata Kunci Matematika Realistik, Media kotak satuan, Luas Persegi dan Persegi Panjang.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-12

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI