PENGARUH PENGGUNAAN MODEL INKURI DENGAN METODE EKSPERIMEN TERHADAP KEMAMPUAN MEMBANDINGKAN SIFAT MENGHANTARKAN PANAS DARI BERBAGAI BENDA PADA SISWA KELAS VI SDN SUKOREJO 1 KECAMATAN REJOSO KABUPATEN NGANJUK TAHUN AJARAN 2014-2015


Author (Penulis)

NURHADI WICAKSONO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

10.1.01.10.0290

Abstract

ABSTRAK Nurhadi, Wicaksono.2014. “Pengaruh Penggunaan Model Inkuri Dengan Metode Eksperimen Terhadap Kemampuan Membandingkan Sifat Menghantarkan Panas Dari Berbagai Benda Pada Siswa Kelas VI SDN Sukorejo 1 Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk Tahun 2014-2015” Skripsi, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Nusantara PGRI Kediri. Kata Kunci: Model Inkuri, Metode Eksperimen, Kemampuan Membandingkan Sifat Menghantarkan Panas Dari Berbagai Benda Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran IPA termasuk pembelajaran yang sulit karenanya dituntut untuk bisa menanamkan konsep dengan baik pada siswa. Keberhasilan pembelajaran sangat bergantung pada kemampuan guru dalam memilih model maupun metode yang digunakan dalam pembelajaran. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini memiliki 3 rumusan masalah yaitu sebagai berikut: (1)Apakah penerapan model inkuiri dengan metode eksperimen mempengaruhi aktifitas belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas VI SDN Sukorejo 1 Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk tahun 2014/2015?(2)Bagaimana pelaksanaan pembelajaran kemampuan menghantarkan panas dari berbagai benda menggunakan model inkuiri dengan metode eksperimen kelas VI SDN Sukorejo 1 Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk Tahun 2014/2015?(3)Adakah pengaruh penggunaan model inkuiri dengan metode eksperimen terhadap kemampuan membandingkan sifat kemampuan menghantarkan panas dari berbagai benda pada siswa kelas VI SDN Sukorejo 1 Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk Tahun 2014/2015? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subyek penelitian siswa kelas VI SDN Sukorejo1. Penelitian dilaksanakan dalam tiga kali pertemuan, menggunakan instrumen berupa RPP dan tes hasil belajar siswa. Setelah dilakukan penelitian dan berdasarkan hasil analisis data menggunakan uji-t pada taraf signifikan 1%. Hasil analisis data menunjukkan bahwa thitung dan ttabel adalah 3.44 > 2,71. Dengan demikian terbukti bahwa”Ada pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan siswa dalam membandingkan sifat kemampuan menghantarkan panas dari berbagai benda dengan menggunakan model inkuiri dan metode eksperimen”. Simpulan hasil penelitian ini adalah ”Ada pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan siswa dalam membandingkan sifat kemampuan menghantarkan panas dari berbagai benda dengan menggunakan model inkuiri dan metode eksperimen”. Dengan adanya penelitian ini diharapkan model inkuiri dan metode eksperimen dapat memanfaatkan sebagai salah satu model dan metode dalam pembelajaran IPA di sekolah.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-05-25

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI