PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ALAM SEKITAR TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN KONDISI LINGKUNGAN BAGI KESEHATAN PADA SISWA KELAS III SDN TANJUNGSARI KECAMATAN KARANGREJO KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN 2014-2015


Author (Penulis)

NOVAN BUDIAWAN
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

10.1.01.10.0278

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan penulis di SDN Tanjungsari yang menunjukkan bahwa kemampuan mendeskripsikan kondisi lingkungan bagi kesehatan pada mata pelajaran IPA siswa kelas III pada semester I SDN Tanjungsari cenderung berpusat pada guru. Guru mendominasi pembelajaran, pola interaksi dalam pembelajaran yang searah kurang memberi peluang kepada siswa untuk menggali sendiri pengetahuannya. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana kemampuan mendeskripsikan kondisi lingkungan bagi kesehatan siswa kelas 3 SDN Tanjungsari tanpa menggunakan model pembelajaran alam sekitar ? (2) Bagaimana kemampuan mendeskripsikan kondisi lingkungan bagi kesehatan siswa kelas 3 SDN Tanjungsari dengan menggunakan model pemebelajaran alam sekitar ? (3) Adakah pengaruh penggunaan model pemeblajaran alam sekitar dalam mendeskripsikan kondisi lingkungan bagi kesehatan pada siswa kelas 3 SDN Tanjungsari ? Penelitian ini adalah penelitian eksperimental menggunakan desain penelitian posstest-Only Control Design dengan pendekatan kuantitatif. Adapun subjek penelitian siswa kelas 3 SDN Tanjungsari. Penelitian ini dilakukan pada dua kelas yaitu siswa kelas 3 SDN Tanjungsari 1 sebagai kelas kontrol dengan metode ceramah dan siswa kelas 3 SDN Tanjungsari 2 sebagai kelas eksperimen dengan model pembelajaran alam sekitar menggunakan analisis data t-test. Pada penelitian ini teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa kemampuan mendeskripsikan kondisi lingkungan bagi kesehatan yaitu dengan tes. Dari analisis yang telah dilakukan kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata 78,26 sedangkan untuk kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata 73,91. Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) Kemampuan siswa meningkat meskipun tanpa menggunakan model pembelajaran alam sekitar yakni dengan metode ceramah (2) Kemampuan siswa meningkat dengan menggunakan model pembelajaran alam sekitar (3) Model pembelajaran alam sekitar berpengaruh signifikan dan hasil uji t yang telah dibuktikan dengan hasil uji t yaitu nilai t-hitung sebesar 4,160 dan t-tabel 1% sebesar 2,660 dengan db 44, maka t-hitung (4,160) > t-tabel 1% (2,660) meningkatkan nilai rata-rata siswa dalam mendeskripsikan kondisi lingkugan bagi kesehatan. Kata Kunci Model Pembelajaran Alam Sekitar, Kemampuan Mendeskripsikan Kondisi Lingkungan Bagi Kesehatan

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-03

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI