PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN GUIDED TEACHING DI DUKUNG STRATEGI CROSSWORD PUZZLE TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI CIRI-CIRI BENDA PADAT DAN CAIR YANG ADA DI LINGKUNGAN SEKITAR PADA SISWA KELAS III MI MAMBAUL HIKAM , SIDOMULYO KEC. SEMEN KAB.KEDIRI PADA TAHUN AJARAN 2016-2017.


Author (Penulis)

NOFIANA SUDARWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

10.1.01.10.0275

Abstract

NOFIANA SUDARWATI: “Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Guided Teaching Di Dukung Strategi Crossword Puzzle Terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Ciri-Ciri Benda Padat Dan Cair Yang Ada Di Lingkungan Sekitar Pada Siswa Kelas III Mi Mambaul Hikam , Sidomulyo Kec. Semen Kab.Kediri Tahun Ajaran 2016-2017”, Skripsi, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP UniversitasNusantara PGRI Kediri. 2017. Penggunaan model pembelajaran konvensional dan tidak menggunakan media pembelajaran membuat suasana belajar di kelas kurang hidup, sehingga siswa kelas III mengalami kesulitan memahami materi yang ada di buku. Penguunaan metode pembelajaran guided teaching di dukung strategi crossword puzzle berperan penting untuk mengembangkan pengetahuan, sikap, keaktifan serta keterampilan belajar secara mandiri. Tujuan penelitian ini adalah 1) Mengetahui kemapuan siswa tanpa diterapkan metode guided teaching yang didukung strategi crossword puzzle. 2) Mengetahui kemapuan siswa setelah diterapkan metode guided teaching yang didukung strategi crossword puzzle. 3) Mengetahui pengaruh yang signifikan metode guided teaching yang didukung strategi crossword puzzle terhadap kemampuan mengidentifikasi ciri-ciri benda padat dan cair yang ada di lingkungan sekitar. Penelitian ini merupakan penelitian true experimental dengan menggunakan posttest-only control design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas III di MI Mambaul Hikam Sidomulyo Kecamatan Semen Kabupaten Kediri sebanyak 21 siswa . Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Kemampuan siswa tanpa menggunakan metode guided teaching yang didukung strategi crossword puzzle belum memenuhi nilai KKM yaitu 70, dengan nilai mean 65.2) Kemampuan siswa dengan menggunakan metode guided teaching yang didukung strategi crossword puzzle sudah memenuhi nilai KKM yaitu 70, dengan nilai mean 72,53) Ada pengaruh metode guided teaching yang didukung strategi crossword puzzle terhadap kemampuan mengidentifikasi ciri-ciri benda padat dan cair yang ada di lingkungan sekitar dengan nilai thitung5,701 >ttabel 2,704459 Kesimpulan dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh metode guided teaching yang didukung strategi crossword puzzle terhadap kemampuan mengidentifikasi ciri-ciri benda padat dan cair yang ada di lingkungan sekitar. Disarankan model pembelajaran metode guided teaching yang didukung strategi crossword puzzle dapat dijadikan alternative strategi pembelajaran bagi guru. Kata kunci :guided teaching, strategi crossword puzzle,kemampuan,mengidentifikasi,dan ciri-ciri

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-15

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 01 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI