PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DENGAN TEKNIK READING QUIZ UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MELAKUKAN PERKALIAN YANG HASILNYA BILANGAN TIGA ANGKA DAN PEMBAGIAN BILANGAN TIGA ANGKA PADA SISWA KELAS III SDN SRIKATON KECAMATAN RINGINREJO TAHUN PELAJARAN 2015-2016


Author (Penulis)

NISWATUN MASRUROH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

10.1.01.10.0272

Abstract

Abstrak NISWATUN MASRUROH : Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dengan Teknik Reading Quiz Untuk Meningkatkan Kemampuan Melakukan Perkalian Yang Hasilnya Bilangan Tiga Angka dan Pembagian Bilangan Tiga Angka Pada Siswa Kelas III SDN Srikaton Kecamatan Ringinrejo Tahun Pelajaran 2015-2016. Kata kunci: Model Pembelajaran CIRC, Teknik Reading Quiz, Perkalian dan Pembagian Bilangan Tiga Angka. Matematika sebagai salah satu mata pelajaran di sekolah dinilai sangat memegang peranan penting karena matematika dapat meningkatkan pengetahuan siswa dalam berpikir secara logis, rasional, kritis, cermat, efektif, dan efisien. Model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dengan teknik reading quiz dipilih untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran terhadap kemampuan melakukan perkalian yang hasilya bilangan tiga angka dan pembagian bilangan tiga angka serta pengaruh aktivitas siswa kelas III SDN Srikaton Kecamatan Ringinrejo tahun pelajaran 2015-2016. Penelitian dilaksanakan dengan teknik Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menurut Kemmis dan Mc. Taggrat dengan subyek 25 siswa kelas III SDN Srikaton. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Instrument yang digunakan terdiri dari Silabus, RPP, lembar pengamatan aktivitas siswa, dan soal pretes postes. Hasil penelitian dengan model pembelajaran CIRC terdapat peningkatan hasil belajar siswa pada prasiklus dengan ketuntasan sebesar 12%, meningkat 60% pada siklus 1, dan 100% siswa tuntas dalam pembelajaran pada siklus 2. Hal ini didukung dengan hasil pengamatan aktivitas siswa pada siklus 1 75,00% dan menjadi 80,00% pada siklus 2. Simpulan yang dapat diambil dari hasil penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran CIRC dengan teknik Reading Quiz dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perkalian yang hasilnya bilangan tiga angka dan pembagian bilangan tiga angka pada kelas III SDN Srikaton.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-10

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI